Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan E-learning Berbasis LMS (Learning Management System) di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Qurrati Aina, Tuti Iriani, Santoso Sri Handoyo

Abstract


Abstrak:E-Learning menjadi platform utama untuk pembelajaran blended, salah satunya penggunaan LMS (Learning Management System) yang disediakan oleh Universitas Negeri Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning berbasis LMS di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta yang menggunakan LMS untuk pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah 157 mahasiswa yang diambil dengan probabilitysampling. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan LMS tergantung pada penggunaan fitur oleh mahasiswa. Semakin banyak fitur yang digunakan maka persepsi mahasiswa sangat baik dalam penggunaan LMS seperti pada mata kuliah Ilmu Ukur Tanah II, Strategi Media Pembelajaran, dan Praktek batu. Persepsi mahasiswa pada kategori baik pada mata kuliah Coding dan Big Data dan persepsi mahasiswa pada mata kuliah ekonomi teknik pada kategori cukup.

Abstract:E-Learning is the main platform for blended learning, one of which is the use of the LMS (Learning Management System) provided by the Jakarta State University. The aim of this research was to determine students' perceptions of the use of LMS-based E-learning in the Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, Jakarta State University. This type of research was descriptive research using quantitative methods. The population in this study were students of the Jakarta State University Building Engineering Education study program who used LMS for learning. The sample in this research were 157 students taken using probability sampling. The research results show that students' perceptions of LMS use depend on students' use of features. The more features that were used, the better the student's perception of using the LMS, such as in theĀ  courses of Land Surveying II, Learning Media Strategy, and Bricklaying practice. Student perceptions in the good category in the Coding and Big Data course and student perceptions in the Technical Economics course in the fair category.



Keywords


LMS (learning management system); pendidikan teknik bangunan; persepsi; Building Engineering Education; LMS (learning management system); perception

rticle

References


Amirah Mustarin, M. W. (2019). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan program e-learning berbasis LMS pada Mata Kuliah Teknologi Budidaya Perikanan. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Makassar, 249-253.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Jawa Tengah: CV Pena Perada.

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Journal IAIN Kudus, 189-209.

Arya Yunan Permadi, E. E. (2018). Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman Terhadap Kasus Penistaan Agama Oleh Basuki Cahaya Purnama yang Tersebar Melalui Media Sosial Youtube. eJournal Ilmu Komunikasi, 520 - 532.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dian Nataria Oktaviani, R. A. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kepraktisan Learning Management System Moodle Berbasis Teori Behaviorisme. Jurnal Pendidikan Matematika, 3017-317.

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Information and Computing, 1-8.

Ike Yustanti, D. N. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Pendidik di Era Digital 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 338-346.

Karina Sekar Galuh Rusdhianto, Y. E. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online Fase Pandemic Covid-19. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 2573-2585.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi dan Informasi. Bandung: 2010.

Saifudin, M. F. (2017). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal Varidika, 102-109.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Tri Wardati Khusniyah, P. R. (2020). Persepsi Mahasiswa pada Inovasi Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Wahana Sekolah Dasar, 1-10.

Widiantara, V. T. (2021). Persepsi Mahasiswa Indonesia Terhadap Penggunaan Building Information Modelling (BIM). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v9i2.83613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.