Analisis Bentuk Integrasi Pembelajaran BIM pada Program Studi Teknik Sipil Universitas Mercu Buana

Oties T Tsarwan, Reni Karno Kinasih

Abstract


Abstrak: Salah satu tantangan dalam penerapan Teknologi Building Information Modeling (BIM) pada industri konstruksi adalah terbatasnya sumber daya manusia yang kompeten. Tantangan ini perlu dijawab oleh perguruan tinggi khususnya Program Studi Teknik Sipil sebagai pencetak sumber daya manusia bagi industri konstruksi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bentuk integrasi pembelajaran BIM yang cocok untuk diterapkan pada Program S1 Teknik Sipil Universitas Mercu Buana dan juga untuk mengetahui apa saja halangan dalam implementasinya. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan dosen aktif pada program Studi Teknik Sipil Universitas Mercu Buana dan juga melakukan analisis berdasarkan daftar mata kuliah, RPS, serta fasilitas Program Studi yang sudah ada. Hasilnya didapat bahwa pembelajaran BIM dapat diintegrasikan pada pembelajaran semester 6 dan 7 yaitu dengan memberikan materi tentang kemampuan penggunaan software BIM dan studi kasus menggunakan software BIM ke dalam mata kuliah studio perancangan 1 dan 2, materi tentang kemampuan manajemen dan konstruksi dalam BIMke dalam mata kuliah Manajemen Konstruksi. Selain itu pembelajaran BIM juga cocok untuk diberikan kepada mahasiswa lewat praktikum dan workshop BIM. Sedangkan halangan dalam implementasinya adalah kurangnya fasilitas dan sumber daya manusia yaitu dosen yang memiliki pengetahuan tentang BIM.


Abstract: One of the challenges in implementing Building Information Modeling Technology (BIM) in the construction industry is the limited competent human resources. This challenge needs to be answered by universities, especially the Civil Engineering Study Program as a producer of human resources for the construction industry. Therefore, this research was carried out with the aim of finding out the form of BIM learning integration that is suitable for implementation in the Bachelor of Civil Engineering Program at Mercu Buana University and also to find out what are the obstacles in its implementation. Data was collected by distributing questionnaires to respondents who were active lecturers in the Civil Engineering Study Program at Mercu Buana University and also conducting analysis based on the list of courses, RPS, and existing study program facilities. The results show that BIM learning can be integrated for students in the 6th and 7th semesters of the Mercu Buana University Civil Engineering Study Program, namely by providing material about the ability to use BIM software and case studies using BIM software into design studio courses 1 and 2, material about management skills and construction in BIM into the Construction Management course. Apart from that, BIM learning is also suitable to be given to students through BIM practicums and workshops. Meanwhile, the obstacle to implementation is the lack of facilities and human resources, namely lecturers who have knowledge of BIM

Keywords


BIM; integrasi; pembelajaran; BIM; integration; learning

rticle

References


Berlian, C.A., Adhi, R.P., Hidayat,A. dan Nugroho, H., 2016, Perbandingan Efisiensi Waktu, Biaya, dan Sumber Daya Manusia Antara Metode Building Information Modelling (BIM) dan Konvensional (Studi Kasus: Perencanaan Gedung 20 Lantai. Jurnal Karya Teknik Sipil, 5(2), 220-229.

Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 5 Tahun 2015. Pedoman Umum Implementasi Konstruksi Berkelanjutan pada Penyelenggaraan Infrastruktur Bidang Pekerjaan Umum dan Permukiman, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Telaga. A., S, 2018, A review of BIM (Building Information Modeling) implementation in Indonesia construction industry. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering.

TIM Program Studi S1 Teknik Sipil. Dokumen Kurikulum Program Studi S1 Teknik Sipil Universitas Mercu Buana Tahun Ajaran 2021-2025. Universitas Mercu Buana.

Wawan dan Dewi M. (2010). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v9i2.83611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.