Pengaruh Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta

Fairuz Zahid, Rosmawita Saleh, Anisah Anisah

Abstract


Selama pandemi COVID-19, terjadi perubahan pada sistem pembelajaran yang digunakan di Universitas Negeri Jakarta. Perubahan dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran jarak jauh mengakibatkan perubahan pula pada lingkungan pembelajaran yang di alami mahasiswa. Dari perubahan tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar yang dimiliki mahasiswa. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari pengaruh Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proses pengambilan data penelitian ini dilakukan pada semester berjalan 117 di Universitas Negeri Jakarta dengan jumlah responden sebanyak 192 Mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif untuk mengolah data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan kategori sedang dari variabel Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap variabel Motivasi Belajar. Dengan pengaruh yang ditimbulkan dari variabel Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap variabel Motivasi Belajar adalah sebesar 30,7%, sementara 69,3% lainnya ditimbulkan dari variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini. Sehingga disimpulkan bahwa Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar

Keywords


lingkungan pembelajaran; motivasi belajar; pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF
rticle

References


Borisova, O. V., Vasbieva, D. G., Malykh, N. I., Vasnev, S. A., & Bírová, J. (2016). Problem of using innovative teaching methods for distance learning students. Mathematics Education.

Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.03.018

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Lefudin, M. P. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi ... - Lefudin - Google Buku. In CV Budi Utama.

Perdana, P. C., Maulana, A., & Murtinugraha, R. E. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Kuliah Drainase Perkotaan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41886

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (cetakan 24). In Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono. In Alfabeta, cv.

Thoms, B., & Eryilmaz, E. (2014). How media choice affects learner interactions in distance learning classes. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.02.002

Uno, B. H. (2010). Theory of Motivation and Its Measurement Analysis in the Field of Education (Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan). In Bumi Aksara.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v9i1.71363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.