Pengembangan Media Pembelajaran Ukur Tanah Berbasis Video Editorial TikTok untuk Kelas X DPIB

Maulana Muhammad Arbi, Sukatiman Sukatiman, Kundari Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran Ukur Tanah berbasis video editorial Tik Tok pada kelas X DPIB; (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Ukur Tanah berbasis video editorial TikTok. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) modifikasi pengembangan Borg and Gall oleh Munawaroh. (2015) yaitu : (1) menemukan potensi masalah; (2) melakukan pengumpulan data dengan observasi dan wawancara; (3) menyusun materi untuk merancang script video dan merancang storyboard; (4) pengambilan footage berisikan materi yang dituangkan dalam video; (5) pengeditan video dengan menggabungkan footage yang terkumpul sesuai kebutuhan sehingga menjadi media pembelajaran ukur tanah editorial aplikasi TikTok; (6) melakukan validasi desain oleh ahli materi dan ahli media; (7) revisi desain dengan masukan dan saran oleh validator; (8) melakukan uji coba produk, uji coba terbatas 10 peserta didik dan uji coba luas 25 peserta didik; (9) revisi produk dari uji coba produk. Hasil pengembangan penelitian berupa media pembelajaran berbasis video editorial TikTok yang telah dipublikasikan pada aplikasi TikTok dan dapat ditonton pada komputer maupun handphone. Kelayakan media pembelajaran Ukur Tanah berbasis video editorial aplikasi TikTok berdasarkan penilaian yang dilakukan: (1) hasil penilaian ahli materi persentase kelayakan 89,7% dikategorikan sangat layak dan hasil penilaian ahli media persentase kelayakan 87,5% dikategorikan sangat layak; (2) hasil penilaian uji coba terbatas persentase kelayakan 83,8% dikategorikan sangat layak dan hasil penilaian uji coba luas persentase kelayakan 84,4% dikategorikan sangat layak. Mengacu pada hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ukur Tanah berbasis video editorial TikTok dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran


Keywords


aplikasi TikTok; media pembelajaran; ukur tanah; video pembelajaran

Full Text:

PDF
rticle

References


Kemendikbud. (2020). pusdatinkemendikbud. Retrieved from http://pusdatin.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/PANDUAN-PEMBELAJARAN-JARAK-JAUH-ELAJAR-DIRUMAH-ASA-C-19.pdf.

Lestari, E. P., Nupikso, G., & Riyani, E. I. (2015). The effect of using online learning materials on student's achievement of "University X".

Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E. Septiano, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2020). Apakah Pembelajaran Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 1228.

Aisyah, I. (2016). Pembuatan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Ukur Tanah Untuk Siswa Kelas X SMK, 53-83.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 176.

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Suharsimi, & Arikunto. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penilitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v9i1.67825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.