PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEMANFAATKAN MICROSOFT TEAMS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI

Febrian Eka Raharja, Roemintoyo Roemintoyo, Kundari Rahmawati

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan untuk mengetahui kinerja guru setelah menerapkan pembelajaran Flipped Classroom dengan memanfaatkan sarana pembelajaranMicrosoft Teams pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Bisnis Konstruksidan Properti. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik Kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti dari satu SMK Negeri di Surakarta. Data pada penelitian ini adalah nilai hasil tes pre-test dan post-test dan hasil proses pembelajaran. Sedangkan untuk sumber data pada penelitian ini adalah pendidik atau guru mata pelajaran Mekanika Teknik dan peserta didik Kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes pre-test/post-test. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil dari penelitian menunjukkan penerapan Flipped Classroom dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Teams sudah berhasil meningkatkan hasil belajar dalam pelaksanaan Tindakan Siklus I dan II berdasarkan penilaian kognitif. Dengan rincian pada tindakan Siklus I mendapatkan persentase ketuntasan hasilprestasibelajar peserta didiksebesar66.67%. Kemudian pada tindakan Siklus II memperoleh persentase ketuntasan hasilprestasibelajar peserta didiksebesar 77.78%, lebih dari Indikator Capaian Penelitian yaitu sebesar 75%.

Abstract : The purpose of this study was to determine the learning outcomes after applying Flipped Classroom learning by utilizing the Microsoft Teams learning tool at the Class X Mechanics of Engineering Course in the Construction and Property Business department. This research uses Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were students of Class X Construction and Property Business at one of state Secondary Vocational School located in Surakarta, Central Java. The data in this study are the results of the pre-test and post-test results and the results of the learning process. Meanwhile, the sources of data in this study were teachers of mechanics of Engineering subjects and students of Class X Construction and Property Business. Data collection techniques used observation, interviews, documentation, and pre-test/post-test tests. Data analysis techniques used comparative descriptive statistical techniques and critical analysis techniques. The results of the research show that the improvement of student learning outcomes in the Mechanical of Engineering subject by applying Flipped Classroom and utilizing the Microsoft Teams application have succeeded in the implementation of Cycle I and II Actions based on cognitive assessments. With the details in the action Cycle I, the percentage of students' complete learning achievement results is 66.67%. Then in the action of Cycle II, the percentage of completeness of students' learning achievement results is 77.78%, has reached more than the Research Achievement Indicators, which is 75%.



Keywords


Kata Kunci: Flipped Classroom, Microsoft Teams, Penelitian Tindakan Kelas. Keywords: Classroom Action Research, Flipped Classroom, Microsoft Teams.

Full Text:

PDF
rticle

References


Ardiyawati, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Teknik Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Indonesian Journal of Civil Engineering Education Vol 1, No 2, 4.

Aqib, Zainal, dkk. (2011) Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya

Johnson, G. (2013). Student Perceptions of The Flipped Classroom. Columbia: The University of British Columbia.

Kartini, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Teams dalam Peningkatan Pembelajaran Jarak Jauh di SMAN 18 Surabaya. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol.2 No. 2 Februari, 328.

Kemendikbud. (2018). Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 07/DD5/KK/2018 Tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2018). Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 464/DD5/KR/2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koenigsbauer, K. (2016). Memperkenalkan Microsoft Teams, ruang kerja berbasis obrolan di Office 365. Retrieved from Microsoft: https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/blog/2016/11/02/introducing-microsoft-teams-the-chat-based-workspace-in-office-365/

Lestari, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X TGB.B Smk Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Indonesian Journal of Civil Engineering Education Vol 1, No 2, 3.

Manis, S. (2020, April 24). Pengertian Model Pembelajaran Flipped Classroom: Jenis, Langkah, Kelebihan dan Kekurangannya. Retrieved from Pelajaran: https://www.pelajaran.co.id/2020/24/flipped-classroom.html

Nugroho, H. I. (2014). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom PTK Pada Siswa Kelas XI.MIA 3 SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2014/2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pradja, B. P., & Baist, A. (2019). Analisis Kualitatif Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran Kolaboratif Daring. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 415–420. Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/88

Purnawan, S. (2015). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Media E-Book pada pembelajaran KKPI Kelas XI Multimedia SMK Negeri Jumo Temanggung. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Rahmadi, G. (2019). Penerapan Metode Number Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (Dpib) Di Smk Negeri 5 Surakarta. Indonesian Journal of Civil Engineering Education Vol 5, No 1, 34.

Siswanto, R. A. (2020, Desember 21). Microsoft Teams, Tetap Bisa Kerja Bareng Tim Selama WFH. Retrieved from Pricebook: https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/2020/06/04/10027/cara-menggunakan-microsoft-team-selama-wfh

SMK Negeri 5 Surakarta. (2020). Profil SMK. Retrieved from SMK Negeri 5 Surakarta: https://www.smkn5solo.sch.id/profil-sm/

Stelee, K. M. (2016). The Flipped Classroom: Cutting Edge. Practical Strategies to Successfully "Flip" Your Classroom, 2-3.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v7i2.61101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.