KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG KELAS XI SMK KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN

Hilmawan Wibawanto, AG thamrin, Aryanti Nurhidayati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas soal ujian konstruksi dan utilitas gedung kelas XI SMK Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Kualitas butir soal ditentukan berdasarkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI DPIB di SMKN 2 Surakarta dan SMKN 5 Surakarta. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode, dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal di SMKN 2 Surakarta dan SMKN 5 Surakarta berkualitas baik. Soal SMKN 2 Surakarta secara kualitatif sesuai dengan kaidah penulisan soal dengan rata-rata nilai kesesuaian sebesar 95,7%, secara kuantitatif soal juga berkualitas baik dari segi validitas, reliabilitas, daya beda, dan efektivitas pengecoh tetapi buruk dari segi tingkat kesukaran, persepsi siswa dengan nilai 76% juga menyatakan soal berkategori baik. Soal SMKN 5 Surakarta secara kualitatif sesuai dengan kaidah penulisan soal dengan rata-rata nilai sebesar 91,7%,
secara kuantitatif soal juga berkualitas baik dari segi validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran, tetapi buruk dari segi efektivitas pengecoh, persepsi siswa menyatakan soal sudah berkategori baik dengan nilai 72,3%.

Keywords


Kualitas Soal, Analisis Butir Soal, Konstruksi dan Utilitas Gedung

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v6i1.53681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.