ANALISIS PENERAPAN KETERAMPILAN LITERASI PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN SOAL MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SUKOHARJO

Guntur Saputra A. G. Tamrin, Aryanti Nurhidayati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan keterampilan literasi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan soal mata pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK tidak sesuai dengan kaidah penerapan keterampilan literasi. Sedangkan soal mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK sudah sesuai dengan kaidah penerapan keterampilan literasi. Hasil observasi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menunjukkan persentase pada aspek Pendahuluan sebesar 33%, Inti sebesar 57%, dan Penutup 20%. Maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun oleh guru harus diperbaiki dengan memperhatikan kaidah keterampilan literasi. Kemudian untuk observasi soal menunjukkan persentase pada aspek Materi sebesar 90% dan aspek Bahasa sebesar 100%. Dalam hal ini masih perlu ditingkatkan pada aspek Materi. Pada data pendukung berupa persepsi siswa mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan soal yang disusun guru juga memperoleh hasil yang sesuai dengan kaidah keterampilan literasi.

Keywords


Penerapan Keterampilan Literasi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Soal, Mekanika Teknik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v6i2.53667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.