PENGEMBANGAN E-VOCATIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL MENGGAMBAR ALINEMEN JALAN RAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan e-vocational sebagai
media pembelajaran berbasis video tutorial dengan materi menggambar alinemen
jalan raya pada mata kuliah Gambar Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan
Air; 2) mengetahui tingkat kelayakan E-Vocational sebagai media pembelajaran
berbasis video tutorial menggambar alinemen jalan raya pada mata kuliah Gambar
Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air. Penilitian pengembangan EVocational terdiri dari 8 tahap yaitu: 1) studi literatur dan observasi proses
pembelajaran; 2) pembuatan desain media; 3) validasi desain; 4) uji kelompok
kecil; 5) revisi desain; 6) uji kelompok luas; 7) revisi desain; 8) evaluasi dan
penyempurnaan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan
Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret angkatan 2014 dan 2015 yang telah
lulus mata kuliah Gambar Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air. Teknik
angket digunakan untuk pengumpulan data validasi desain dan uji coba pengguna.
Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, data diperoleh dari
katagori kelayakan E-Vocational berdasarkan skor kriteria likert. Hasil penelitian
disimpilkan bahwa: 1) e-vocational sebagai media pembelajaran berbasis video
tutorial dengan materi menggambar alinemen jalan raya pada mata kuliah Gambar
Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air telah berhasil dikembangkan
melalui tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap
pengujian. 2) Persentase kelayakan sebesar 85,83% menyatakan media EVocational termasuk dalam kategori sangat layak, ditinjau dari aspek umum,
aspek komunikasi visual, aspek rekayasa perangkat lunak, aspek desain
pembelajaran.
media pembelajaran berbasis video tutorial dengan materi menggambar alinemen
jalan raya pada mata kuliah Gambar Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan
Air; 2) mengetahui tingkat kelayakan E-Vocational sebagai media pembelajaran
berbasis video tutorial menggambar alinemen jalan raya pada mata kuliah Gambar
Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air. Penilitian pengembangan EVocational terdiri dari 8 tahap yaitu: 1) studi literatur dan observasi proses
pembelajaran; 2) pembuatan desain media; 3) validasi desain; 4) uji kelompok
kecil; 5) revisi desain; 6) uji kelompok luas; 7) revisi desain; 8) evaluasi dan
penyempurnaan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan
Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret angkatan 2014 dan 2015 yang telah
lulus mata kuliah Gambar Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air. Teknik
angket digunakan untuk pengumpulan data validasi desain dan uji coba pengguna.
Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, data diperoleh dari
katagori kelayakan E-Vocational berdasarkan skor kriteria likert. Hasil penelitian
disimpilkan bahwa: 1) e-vocational sebagai media pembelajaran berbasis video
tutorial dengan materi menggambar alinemen jalan raya pada mata kuliah Gambar
Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air telah berhasil dikembangkan
melalui tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap
pengujian. 2) Persentase kelayakan sebesar 85,83% menyatakan media EVocational termasuk dalam kategori sangat layak, ditinjau dari aspek umum,
aspek komunikasi visual, aspek rekayasa perangkat lunak, aspek desain
pembelajaran.
Keywords
E-Vocational, Gambar Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air, Media Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i2.52405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.