RELEVANSI KOMPETENSI LULUSAN SMK KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DENGAN KEBUTUHAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI (DUDI)

Febriana Haryati, AG thamrin, Aryanti Nurhidayati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) relevansi lulusan
SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dengan
kebutuhan perusahaan jasa konsultan konstruksi, (2) usaha yang dilakukan
perusahaan jasa konsultan konstruksi terhadap kompetensi lulusan SMK
Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah silabus
dan wawancara. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik
sampel purposive sampling yang bersifat snowball sampling. Berdasarkan hasil
penelitian disimpulkan bahwa: (1) relevansi kompetensi sekolah dengan DUDI
sebesar 100%; tidak ada kompetensi yang diajarkan di sekolah tetapi tidak
dibutuhkan DUDI; dan tidak ada kompetensi yang dibutuhkan DUDI tetapi tidak
diajarkan di sekolah, (2) kompetensi yang dimiliki oleh lulusan SMK sudah sesuai
dengan perusahaan namun masih perlu dilakukan pengembangan diri dari individu
untuk dapat menghadapi tantangan dalam dunia kerja; diperlukan kompetensi
pengetahuan dan sikap dalam dunia kerja; lulusan SMK diharapkan untuk
melajutkan pendidikan S1 agar dapat mengembangkan diri tidak hanya sebagai
seorang drafter; kesempatan saat Kerja Praktek harus dimanfaatkan untuk
mendapatkan ilmu dan pengalaman sebanyak mungkin yang nantinya akan
berguna saat memasuki dunia kerja.


Keywords


SMK, DPIB, kompetensi, relevansi, DUDI.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i2.52403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.