EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM MOVING CLASS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PERENCANAAN DAN PROSES PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019)

Hesti Kurniawan, roemintoyo roemintoyo, Eko Supri Murtiono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektifitas pelaksanaan
pembelajaran dengan sistem berpindah kelas terhadap hasil belajar peserta didik, (2)
faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran dengan sistem
berpindah kelas pada peserta didik. Dalam penelitian ini di gunakan metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik sampel purposive. Data penelitian dikumpulkan dengan
teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, dan
penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) efektifitas
pelaksanaan pembelajaran dengan sistem berpindah kelas terhadap hasil belajar peserta
didik kurang efektif ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran,
dan hasil belajar peserta didik, (2) faktor pendukung diperoleh dari perangkat
pembelajaran, faktor penghambat berasal dari kurangnya koordinasi antara sarana
prasarana dan kurikulum dan pengkondisian peserta didik.


Keywords


efektifitas, pembelajaran, berpindah kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i2.52402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.