PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN GEDUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TGB SMK GANESHA TAMA BOYOLALI

Miyatul Baridah Romadhona, AG thamrin, Ida Nugroho Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranah
afektif, dan ranah psikomotorik siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK
Ganesha Tama Boyolali melalui penerapan model pembelajaran team games tournament. Subjek
penelitian adalah iswa kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali mata pelajaran Gambar Interior
dan Eksterior Bangunan Gedung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk data
penilaian ranah afektif dan psikomotorik serta dengan teknik tes untuk data penilaian kemampuan
pengetahuan siswa ranah kognitif. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif yang
menampilkan data statistik dengan penjelasan berupa deskripsi. Hasil penelitian adalah sebagai
berikut. Pertama, Hasil belajar pada ranah kognitif mengalamai peningkatan, pada siklus I
mengalami peningkatan dari Pratindakan yaitu hasil belajar ranah kognitif meningkat sebesar 70%
atau 14 siswa dari pra tindakan. Dan Siklus II juga terjadi peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu
hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 6,81% atau 3 siswa.
Kedua, Hasil ranah afektif siklus I juga mengalami peningkatan sebesar 45% atau 9 siswa dari pra
tindakan. Sedangkan untuk hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar
17,27% atau 5 siswa. Ketiga, Hasil belajar pada ranah psikomotorik mengalami peningkatan dari
pratindakan yaitu sebesar 85% atau 17 siswa. Dan siklus II untuk hasil belajar ranah psikomotorik
mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 1,36 % atau 2 siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i2.43486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.