KINERJA GURU DALAM LESSON STUDY (STUDI KASUS DI SMK N 2 SURAKARTA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI TAHUN AJARAN 2017/2018)

Abdul Wakhid Ali Munandar, Sri Sumarni, Sukatiman sukatiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan lesson study yang
dilaksanakan tim guru di SMK Negeri 2 Surakarta, dan untuk mengetahui kinerja guru dalam
penerapan lesson study yang dilaksanakan pada mata pelajaran Mekanika Teknik di kelas X
Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah guru
mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2
Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan teknik kualitatif dengan model analisis interaktif. Model ini terdiri dari
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai
berikut. Pertama, pelaksanaan lesson study di SMKN 2 Surakarta dilaksanakan oleh guru
mata pelajaran Mekanika Teknik dan observer yang dimulai dari tahap plan (perencanaan
pembelajaran) selanjutnya yaitu do (pelaksanaan pembelajaran) terakhir yaitu see (refleksi
hasil pembelajaran). Penerapan lesson study di SMKN 2 Surakarta dilaksanakan dengan
penambahan model pembelajaran Two Stray Two Stay (TSTS) dan Group Investigation (GI).
Kedua, Pelaksanaan lesson study dapat memperbaiki kinerja guru. Hal ini dapat dilihat pada
saat observasi awal, kinerja guru hanya mendapatkan skor 64,4% dari butir penilaian
sehingga kinerja guru masuk dalam kategori kurang. Setelah dilaksanakan lesson study
menghasilkan perbaikan nilai kinerja guru menjadi 71,8% dan masuk dalam kategori cukup
pada pelaksanaan pertama, kemudian terus membaik pada pelaksanaan kedua menjadi 78,6%
atau bisa dikategorikan dalam kategori baik.


Keywords


Lesson study, Pembelajaran Kooperatif, Kinerja Guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i2.43484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.