PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 MADIUN TAHUN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN) terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK
Negeri 1 Madiun. (2) Pengaruh prestasi mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja
siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Madiun. (3) Pengaruh keduanya
terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Madiun.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi adalah siswa
kelas XII Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Madiun tahun ajaran 2017/2018
sebanyak 41 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi,
kuisioner/angket. Pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda
dengan uji prasyarat analisis yaitu, uji normalitas residual, uji linieritas, uji
multikolinearitas. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil uji t
antara variabel Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) (X1) dan variabel kesiapan kerja (Y)
diperoleh nilai sign 0,000 ini menunjukkan bahwa nilai sign pada hasil SPSS < 0,05, maka
Ho ditolak dan Ha diterima sehinga terdapat pengaruh antara Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN) (X1) terhadap kesiapan kerja (Y). (2) Berdasarkan hasil uji t antara variabel
prestasi belajar mata pelajaran produktif (X2) dan variabel kesiapan kerja (Y) diperoleh
nilai sign 0,065 ini menunjukkan bahwa nilai sign pada hasil SPSS > 0,05, maka Ho
diterima dan Ha ditolak sehinga tidak terdapat pengaruh antara prestasi belajar mata
pelajaran produktif (X2) terhadap kesiapan kerja (Y). (3) Berdasarkan hasil uji F diperoleh
nilai sign 0,000 ini menunjukkan bahwa nilai sign pada hasil SPSS < 0,05, maka Ho ditolak
dan Ha diterima sehinga terdapat pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) (X1)dan
prestasi belajar mata pelajaran produktif (X2) terhadap kesiapan kerja (Y)
(PRAKERIN) terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK
Negeri 1 Madiun. (2) Pengaruh prestasi mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja
siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Madiun. (3) Pengaruh keduanya
terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Madiun.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi adalah siswa
kelas XII Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Madiun tahun ajaran 2017/2018
sebanyak 41 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi,
kuisioner/angket. Pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda
dengan uji prasyarat analisis yaitu, uji normalitas residual, uji linieritas, uji
multikolinearitas. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil uji t
antara variabel Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) (X1) dan variabel kesiapan kerja (Y)
diperoleh nilai sign 0,000 ini menunjukkan bahwa nilai sign pada hasil SPSS < 0,05, maka
Ho ditolak dan Ha diterima sehinga terdapat pengaruh antara Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN) (X1) terhadap kesiapan kerja (Y). (2) Berdasarkan hasil uji t antara variabel
prestasi belajar mata pelajaran produktif (X2) dan variabel kesiapan kerja (Y) diperoleh
nilai sign 0,065 ini menunjukkan bahwa nilai sign pada hasil SPSS > 0,05, maka Ho
diterima dan Ha ditolak sehinga tidak terdapat pengaruh antara prestasi belajar mata
pelajaran produktif (X2) terhadap kesiapan kerja (Y). (3) Berdasarkan hasil uji F diperoleh
nilai sign 0,000 ini menunjukkan bahwa nilai sign pada hasil SPSS < 0,05, maka Ho ditolak
dan Ha diterima sehinga terdapat pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) (X1)dan
prestasi belajar mata pelajaran produktif (X2) terhadap kesiapan kerja (Y)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i1.34689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.