PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB A SMKN 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Marlina Dwi Safitri, Roemintoyo Roemintoyo, rima sri agustin

Abstract


Proses pembelajaran di sekolah saat ini lebih terfokus pada guru yang
menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada kurangnya
pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga prestasi belajar menjadi
rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif
Model Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Problem Posing menggunakan desain
pembelajaran ASSURE terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X DPIB A SMK Negeri 4 Sukoharjo yang
berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang
digunakan terdiri dari penilaian kognitif, psikomotor dan afektif. Uji validitas data pada
penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan
Problem Posing menggunakan desain pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas X DPIB A SMKN 4 Sukoharjo. Pencapaian ketuntasan hasil belajar
siswa menunjukkan persentase ketuntasan ranah kognitif awalnya 16,67% menjadi 46,67%
pada siklus I dan 70% pada siklus II; ranah psikomotor awalnya 26,67% menjadi 46,67%
pada siklus I dan 73,33% pada siklus II; ranah afektif awalnya 23,33% menjadi 43,33%
pada siklus I dan 70% pada siklus II.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i1.34688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.