PENERAPAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa
pada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan metode pembelajaran Number Head Together
(NHT) di kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta. Metode Penelitianya adalah Penelitian
Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas X DPIB SMK Negeri 5 Surakarta dalam dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi
dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan lembar
observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil
penelitian, hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 31%. Setelah diterapkan metode
pembelajaran Number Head Together (NHT), pada siklus I mengalami peningkatan
dengan persentase ketuntasan 91,18 %. Siklus II persentase ketuntasan 97 %. Sedangkan
keaktifan siswa pada pra siklus prosesntase siswa aktif sebesar 38,24%, setelah
diterapkan metode NHT pada siklus I prosentase siswa aktif sebesar 68,75%, dan siklus
II meningkat menjadi 82,35%. Dengan demikian, MetodePembelajaranNumber Head Together
(NHT) dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik
di SMK Negeri 5 Surakarta karena memenuhi prosentase ketuntasan yaitu sebesar 80 % dari 34
siswa.
pada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan metode pembelajaran Number Head Together
(NHT) di kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta. Metode Penelitianya adalah Penelitian
Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas X DPIB SMK Negeri 5 Surakarta dalam dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi
dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan lembar
observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil
penelitian, hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 31%. Setelah diterapkan metode
pembelajaran Number Head Together (NHT), pada siklus I mengalami peningkatan
dengan persentase ketuntasan 91,18 %. Siklus II persentase ketuntasan 97 %. Sedangkan
keaktifan siswa pada pra siklus prosesntase siswa aktif sebesar 38,24%, setelah
diterapkan metode NHT pada siklus I prosentase siswa aktif sebesar 68,75%, dan siklus
II meningkat menjadi 82,35%. Dengan demikian, MetodePembelajaranNumber Head Together
(NHT) dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik
di SMK Negeri 5 Surakarta karena memenuhi prosentase ketuntasan yaitu sebesar 80 % dari 34
siswa.
Keywords
Number Head Together (NHT), Hasil Belajar, Keaktifan Siswa, Mekanika Teknik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i1.34597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.