PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH BERBASIS E-PUBLICATION UNTUK SMK BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA

Fitri Dwi Astutik, Rima Sri Agustin, Sukatiman sukatiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan media
pembelajaran modul Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah
berbasis e-publication untuk SMK berdasarkan gaya belajar siswa dan (2) tingkat
kelayakan pengembangan media pembelajaran modul Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan
dan Teknik Pengukuran Tanah berbasis e-publication untuk SMK berdasarkan gaya
belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (Research and
Development) yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan media
pembelajaran MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas X BKP SMKN 2 Surakarta pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi
Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah. Data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan
kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebagian besar siswa calon pengguna media pembelajaran memiliha
gaya belajar read sehingga modul yang dikembangkan berupa teks. Hasil validasi ahli
materi dan media diperoleh rata-rata prosentase sebesar 80,12 % dan termasuk dalam
kategori sangat baik. Respon dari guru pengampu mata pelajaran dan siswa diperoleh ratarata prosentase sebesar 91,30% dan merupakan dalam kategori sangat baik. Dengan
demikian media pembelajaran berbasis e-publication yang telah dikembangkan dinyatakan
layak untuk digunakan.


Keywords


Pengembangan, media pembelajaran, e-publication, MDLC

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i1.34595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.