ANALISIS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (STUDI KASUS PADA PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 2 SURAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan SMK Negeri
2 Surakarta berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan, pengelolaan perpustakaan
berdasarkan pedoman pengelolaan perpustakaan IFLA/UNESCO dan gambaran
perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Perpustakaan
SMK Negeri 2 Surakarta. Teknik pengambilan subjek penelitian digunakan snowball
sampling dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara
wawancara tak terstruktur, dengan kepala perpustakaan, pegawai atau staff, dan pengguna
perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta, observasi keadaan atau kondisi perpustakaan
SMK Negeri 2 Surakarta, dan dokumen yang relevan.
Hasil penelitian ini antara lain, Perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta memiliki
pengelolaan perpustakaan, yang meliputi gedung, koleksi bahan pustaka, tenaga kerja dan
pelayanan. Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan luas gedung perpustakaan SMK
Negeri 2 Surakarta masih belum dapat dikatakan efektif, dikarenakan gedung yang
terdapat sistem pelayanan terbuka atau melayani untuk umum hanya memiliki luas
183,7m2, selain itu beberapa ruangan terdapat pada gedung SMK Negeri 2 Surakarta
kurang dari 5m2. Ditinjau dari aspek jumlah bahan pustaka, perbandingan koleksi karya
umum atau buku fiksi sebesar 23% dan buku non-fiksi yang berkaitan dengan kurikulum
sebesar 77%. Perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta belum memenuhi pengelolaan
perpustakaan menurut IFLA/UNESCO dalam aspek gedung perpustakaan yang tidak
didesain sesuai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung disabilitas. Kendala yang
dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta yaitu dikarenakan
SMK Negeri 2 Surakarta baru saja membuka jurusan yaitu Teknik Geomatika, selain itu
SMK Negeri 2 Surakarta masih membagi fokus atau khususnya anggaran pada kelas yang
digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.
2 Surakarta berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan, pengelolaan perpustakaan
berdasarkan pedoman pengelolaan perpustakaan IFLA/UNESCO dan gambaran
perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Perpustakaan
SMK Negeri 2 Surakarta. Teknik pengambilan subjek penelitian digunakan snowball
sampling dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara
wawancara tak terstruktur, dengan kepala perpustakaan, pegawai atau staff, dan pengguna
perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta, observasi keadaan atau kondisi perpustakaan
SMK Negeri 2 Surakarta, dan dokumen yang relevan.
Hasil penelitian ini antara lain, Perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta memiliki
pengelolaan perpustakaan, yang meliputi gedung, koleksi bahan pustaka, tenaga kerja dan
pelayanan. Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan luas gedung perpustakaan SMK
Negeri 2 Surakarta masih belum dapat dikatakan efektif, dikarenakan gedung yang
terdapat sistem pelayanan terbuka atau melayani untuk umum hanya memiliki luas
183,7m2, selain itu beberapa ruangan terdapat pada gedung SMK Negeri 2 Surakarta
kurang dari 5m2. Ditinjau dari aspek jumlah bahan pustaka, perbandingan koleksi karya
umum atau buku fiksi sebesar 23% dan buku non-fiksi yang berkaitan dengan kurikulum
sebesar 77%. Perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta belum memenuhi pengelolaan
perpustakaan menurut IFLA/UNESCO dalam aspek gedung perpustakaan yang tidak
didesain sesuai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung disabilitas. Kendala yang
dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta yaitu dikarenakan
SMK Negeri 2 Surakarta baru saja membuka jurusan yaitu Teknik Geomatika, selain itu
SMK Negeri 2 Surakarta masih membagi fokus atau khususnya anggaran pada kelas yang
digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.
Keywords
Perpustakaan, Pendidikan, Kejuruan, SNP, IFLA/UNESCO
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i2.27776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.