PENGEMBANGAN E-VOCATIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PROGRAM CAD 2D DENGAN MATERI MEMBUAT DENAH DAN TAMPAK RUMAH TINGGAL

Danang Mursito, Abdul Haris Setiawan, Ida Nugroho Saputro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan E-Vocational
sebagai media pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat
denah dan tampak rumah tinggal. (2) mengetahui tingkat kelayakan E-Vocational sebagai
media pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat denah
dan tampak rumah tinggal.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian riset dan pengembangan, dengan
melakukan pengembangan E-Vocational sebagai media pembelajaran. Prosedur
pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui: (1) Tahap studi pendahuluan
dilakukan dengan studi literatur dan studi lapangan. (2) Tahap pengembangan dengan
melakukan pengkajian materi program CAD 2D yang mengacu pada RPS. Kemudian
pembuatan desain model yang dibagi menjadi 6 bagian diantaranya: menyusun draft
materi, pembuatan media E-Vocational, membuat materi, pembuatan serta editing video
pembelajaran, upload materi dan video pembelajaran pada E-Vocational, dan media EVocational siap digunakan sebagai media pembelajaran. Selanjutnya melakukan validasi
kepada para ahli materi, media dan pembelajaran untuk menilai kelayakan media yang
dibuat. Selanjutnya uji coba terbatas dengan 3 mahasiswa dan uji coba luas kepada 30
mahasiswa PTB FKIP UNS tahun angkatan 2015. (3) Tahap evaluasi merupakan tahap
akhir dari proses pengembangan terkait model pemakaian E-Vocational sebagai media
pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat denah dan
tampak rumah tinggal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) prosedur pengembangan
E-Vocational sudah sesuai dan dilakukan dengan tahap pengembangan dengan tahap
prosedur: studi literatur, draft desain model, validasi desain, uji coba kelompok kecil,
evaluasi dan perbaikan, uji coba kelompok luas, evaluasi dan perbaikan dan model
pemakaian. (2) Hasil penilaian ahli materi menyatakan bahwa E-Vocational sebagai media
pembelajaran sangat layak digunakan dengan persentase 96.25%. Penilaian ahli media
dengan persentase 93.00% menyatakan bahwa pengembangan media termasuk kategori
sangat layak. Penilaian ahli pembelajaran menyatakan bahwa pengembangan E-Vocational
sebagai media pembelajaran sangat layak dengan persentase 100.00% untuk uji coba
terbatas hasil yang diperoleh sebesar 90.42% menyatakan bahwa media pembelajaran yang
dirancang sangat layak kemudian pada uji coba luas menyatakan dengan persentase
81.33% bahwa media pembelajaran termasuk kategori sangat layak.


Keywords


media, pembelajaran, E-Vocational, AutoCAD

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i2.27770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.