PERBANDINGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) SMK NEGERI 2 SUKOHARJO

Rizal Nurudin, Anis Rahmawati, Su trisno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah, (1) Mengetahui perbandingan motivasi belajar menggunakan metode demonstrasi dan metode example non example pada mata pelajaran menggambar interior dan eksterior bangunan di kelas XI TGB SMK N 2 Sukoharjo. (2) Mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa menggunakan metode demonstrasi dan metode example non example pada mata pelajaran menggambar interior dan eksterior bangunan di kelas XI TGB SMK N 2 Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian
Intact-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB dengan jumlah 66. Sampel penelitian diambil sebanyak 32 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu satu kelas dengan metode demonstrasi dan satu kelas dengan metode example non example dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket dan observasi. Validitas intrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji beda (t-test).
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Nilai rata-rata motivasi belajar dengan metode demonstrasi lebih besar dibanding metode example non example
sebesar 57,30 > 53,70. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 4,14 > t tabel = 2,101 (2) Nilai rata-rata prestasi belajar metode demonstrasi lebih besar dibanding metode example non example sebesar 86,25 > 81,75. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 7,89 > t tabel = 2,145. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dibandingkan dengan metode example non example pada mata pelajaran menggambar interior dan eksterior di kelas XI TGB SMK N 2 Sukoharjo.


Keywords


Metode Demonstrasi, Metode Example non Example, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i2.22576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.