PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BLENDED DENGAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG KELAS X TGB SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Lukas Aditia, Su trisno, Eko Supri Murtiono

Abstract


Tujuan penelitian adalah, (1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing Blended (Padu Padan Melempar Bola Salju)dengan Student Facilitator And Explaining (Siswa Sebagai Fasilitator dan Menjelaskan) pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung kelas X TGB SMK N 4 Sukoharjo, (2) Untuk mengetahui keaktifan siswa pada proses pembelajaran melalui peerapan metode pembelajaran Snowball Throwing Blended dengan
Student Facilitator And Explaining, (3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung kelas X TGB SMK N 4 Sukoharjo melalui penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing Blended
dengan Student Facilitator And Explaining.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan analisis data secara analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Metode pembelajaran Snowball Throwing Blended dengan Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, (2) Prestasi Belajar siswa: Ranah Kognitif pada pra siklus 23,53%, Siklus I 70,6% dan Siklus II 82,35%; Ranah Afektif pada pra siklus berpredikat Baik (B) 12 siswa, Siklus I berpredikat Baik (B) 23 siswa, dan Siklus II berpredikat Sangat Baik (SB) 7 siswa dan 21 siswa berpredikat Baik (B); Ranah Psikomotorik pada pra siklus 41,18%, Siklus I 82,35%, dan Siklus II 88,23%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Snowball Throwing Blended dengan Student Facilitator And Explaining dapat diterapkan pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung. Penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing Blended dengan Student Facilitator And Explaining pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing Blended dengan Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan prestasi belajar pada ranah kognitif dan afektif siswa kelas X TGB SMK Negeri 4 Sukoharjo pada mata pelajaran Ilmu Bangunan
Gedung.


Keywords


Snowball Throwing Blended, Student Facilitator And Explaining

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i2.22574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.