PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk: (1) Merancang media pembelajaran menggambar teknik dengan menggunakan Macromedia Flash. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran menggambar teknik dengan menggunakan Macromedia Flash. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan, dengan dilakukan perancangan media pembelajaran. Prosedur perancangan media pembelajaran dilakukan melalui: (1) Tahap studi pendahuluan dilakukan dengan studi literatur dan studi lapangan / observasi. (2) Tahap pengembangan dengan dilakukan pembuatan draft desain model / perancangan yang dibagi menjadi 3 bagian diantaranya: dilakukan penyusunan materi bersama dosen mata kuliah menggambar teknik, pembuatan naskah dan
storyboard, pengambilan video, editing video dan penyusunan dalam macromedia flash. Selanjutnya dilakukan validasi penilaian kepada para ahli / pakar materi, media dan pembelajaran untuk menilai kelayakan media pembelajaran yang dibuat. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas dengan 5 mahasiswa yang pernah menempuh mata kuliah menggambar teknik dan uji coba luas kepada 30 mahasiswa PTB FKIP UNS yang pernah menempuh mata kuliah menggambar teknik. (3) Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari proses perancangan terkait model final media pembelajaran menggambar teknik teknik.
Hasil penelitian dari penilaian ahli materi menyatakan bahwa media pembelajaran menggambar teknik layak digunakan dengan persentase sebesar 73%. Penilaian ahli media dengan persentase 91 % menyatakan bahwa perancangan media pembelajaran menggambar teknik termasuk kategori sangat layak. Penilaian ahli pembelajaran menyatakan bahwa perancangan media pembelajaran menggambar teknik layak dengan persentase sebesar 67 % sedangkan uji coba terbatas hasil yang diperoleh sebesar 84 % menyatakan bahwa media pembelajaran yang dirancang sangat layak kemudian pada uji coba luas menyatakan dengan
persentase 81% bahwa media pembelajaran termasuk kategori sangat layak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almekhlafi, A.G. (2006). Effectiveness of Interactive Multimedia Environment on Language Acquisition Skills of 6th Grade Students in the United Arab Emirates. International Journal of Instructional Media, 33(4), 427-441.
Ariani, N. & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Azhar Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyanta. (2012). Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta
Oetomo, B.S.D. (2002). E-education; Konsep Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif
Kualitatif dan R&D”. Bandung:Alfabeta.
Urbani, Y.H. & Purnama, B.E. (2012). Produksi Film Indie Komersial “Aku Cinta Indonesia – Generation” Berbasis Multimedia. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed. 9 (3) 118.
Reza Aditya (2014). Anies Baswedan Dorong Pendidikan Bebasis Teknologi. Diperoleh 02 Mei 2015 dari http://www.indopos.co.id/2014/12/ani es-baswedan-dorong-pendidikan- bebasis-teknologi.html
DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i1.22568
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.