IMPLEMENTASI TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) A SMK NEGERI 2 SUKOHARJO

Wi dodo, Ernawati Sri Sunarsih, Taufiq Lilo Adi Sucipto

Abstract


Widodo. IMPLEMENTASI TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) A SMK NEGERI 2 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Konstruksi Bangunan di kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) A SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Pada setiap siklus dilakukan Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Peneliti menggunakan instrumen yang telah digunakan oleh sekolah sehingga peneliti tidak melakukan validasi terhadap instrument yang digunakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi teknik TSTS dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif (prasiklus 58,33%, siklus I 83,33%, siklus II 91,67%), afektif
(prasiklus 61,11%, siklus I 72,22%, siklus II 86,11%), psikomotorik (prasiklus 50,00%, siklus I 69,44%, siklus III 86,11%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik TSTS dapat meningkatkan hasil belajar Konstruksi Bangunan siswa kelas X
TGB A SMK Negeri 2 Sukoharjo.


Keywords


two stay two stray, hasil belajar.

Full Text:

PDF
rticle

References


Hammiddy, M. (2010). Improving Students

Comprehension of Poems Using Two Stay Two Stray Strategy.

Journal of Social Sciences. Vol 10: 316-318. Diperoleh dari: http://eprints.ums.ac.id/27933/15/09

Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Memperaktikkan Cooperative

Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo. Faishal, M. Pembelajaran Kooperatif. Medan: Universitas Negeri Medan.

Diperoleh dari: https://mirzafaishal.wordpress.com/tag/ptk

Sagala, S. (2010). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2007). Memahani Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Usman, H. (2006). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan.Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i1.22564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.