PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TKBB SMK NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Ilham Arrezha, AG Thamrin, Su katiman

Abstract


Proses pendidikan saat ini memperlihatkan banyaknya siswa yang kurang aktif selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran hanya terfokus pada guru semata yang berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Examples Non-Examples terhadap kinerja guru, keaktifan siswa dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X TKBB SMK N 2 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari penilaian penampilan guru, penilaian kinerja guru oleh siswa, penilaian kognitif, psikomotorik, dan afektif. Uji validitas menggunakan data menggunakan trianggulasi dan analisa data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non-Examples dapat memperbaiki kinerja guru dan keaktifan siswa. Pada setiap siklus yang dilakukan, juga meningkatnya hasil belajar siswa, hal ini berarti meningkatnya kinerja guru juga berdampak pada meningkatnya hasil
belajar siswa.


Keywords


Examples Non-Examples, Kinerja Guru, Keaktifan

Full Text:

PDF
rticle

References


Ali Imron. (1995). Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Arikunto, Suhardjono, & Supardi (2006). Penelitiam Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aan, Surya Putra. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Examples Non-Examples Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Mekanik Dasar Kelistrikan Kelas

X di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Permendikbud Tahun 2014 Nomor 104 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Winkel, WS. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i1.22550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.