PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Lilis Suryati, Rima Sri Agustunin, Taufiq Lilo Adi Sucipto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja; (2) pengaruh prestasi belajar terhadap kesiapan memasuki dunia kerja; dan (3) pengaruh pengalaman praktik kerja lapangan dan prestasi belajar terhadap kesiapan memasuki dunia kerja.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB SMK Negeri 5 Surakarta, dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Ex Post Facto, metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, namun sebelumnya dilakukan pengujian prasyarat meliputi
: uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas.Hasil penelitian ini adalah,
(1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan praktik kerja lapangan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja, dilihat dari nilai koef. regresi X1 sebesar 0,549, nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai thitung sebesar 6,913 > ttabel 2,045.
(2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan prestasi belajar terhadap kesiapan memasuki dunia kerja, dilihat dari nilai koef. regresi X2 sebesar 0,640, nilai signifikansi sebesar 0,290 > 0,05, dan nilai thitung sebesar 1,078 < ttabel 2,045. (3)terdapat pengaruh yang positif dan signifikan praktik kerja lapangan dan prestasi belajar terhadap kesiapan memasuki dunia kerja nilai Fhitung = 26,341 sedangkan dari Ftabel adalah 3,32. Sehingga Fhitung > Ftabel dan nilai sig. = 0,000 < 0,05. Kesiapan memasuki dunia kerja dipengaruhi oleh praktik kerja lapangan dan prestasi belajar sebesar 64,5%. Secara parsial pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja sebesar 61,146% dan prestasi belajar terhadap kesiapan memasuki dunia kerja sebesar 3,354%
 


Keywords


Praktik Kerja Lapangan, Prestasi Belajar, dan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja

Full Text:

PDF
rticle

References


Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan Sumberdaya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.

Fitriyanto, A.( 2006). Ketidak Siapan Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta : Dinamika Cipta.

Hamalik, O. (2007). Pengembangan SDM Manajemen Pelatihan Ketenagakerjan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Mipalas, Y. & Taman, A. (2012). Pengaruh Pengalaman Praktik Industri Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK2 Sleman Yogyakarta, Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 161-183.

Muktiani, E.E. (2013). Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Prestasi Akademik Mata Diklat Produktif Akuntansi Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Nasional Pati Tahun

Pelajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal . Universitas Negeri Semarang.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.

Jakarta :

Rineka Cipta. Sudjana.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosadakarya.

Tirtonegoro, S.( 2001). Anak Super Bormal Dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v3i1.22418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.