MEDIA PEMBELAJARAN KONSERVASI DAN EFISIENSI ENERGI PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujan sebagai alat bantu pembelajaran konstruksi bangunan gedung. Luaran dari penelitian adalah desain konservasi dan efisiensi energi pada rumah ramah lingkungan yang diwujudkan berupa maket, buku pegangan maket dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP).
Penelitian ini termasuk penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif pada level satu yang menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti antaralain: potensi dan masalah; studi literatur dan pengumpulan informasi; desain produk; validasi desain dan desain teruji. Validasi dalam penelitian ini dilakukan oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli media.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Hasil validasi oleh ahli materi pada aspek kelayakan isi atau materi, media yang telah dibuat termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran pada aspek kelayakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran yang telah dibuat termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil validasi oleh ahli media pada aspek kelayakan media, media yang telah dibuat termasuk dalam kriteria sangat baik. Produk yang dihasilkan berupa maket, buku pegangan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)sebagai pedoman penggunaan media dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa produk desain konservasi dan efisiensi energi pada rumah ramah lingkungan baik untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran konstruksi bangunan
gedung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: Diva Press.
Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. 2012. Buku Pedoman Energi Efisiensi untuk Desain Bangunan Gedung di Indonesia. Jakarta:
Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia.
Maulana D.J, Heri. 2009. Teknik Menggambar Mode Busana. Yogyakarta: Kanisius. Park, Hye Sook, Park, Kyoo Hong. 2001.
Analysis of the Mathematical Dispotition of the Mathematically Gifted Students in the MidlleSchool of Korea. Seowon University Cheongju, Chungbuk 361-742, Korea. Journal
Simamora S, Raymond. 2009. Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
Subkiman, Anwar, Dwinita Larasati dan Budi Isdianto. 2014. Pemanfaatan Pencahayaan Siang pada Interior Gedung Kampus PT Dahana sebagai Strategi Penerapan Prinsip Bangunan Berkelanjutan. Itenas Rekayasa, II, 2, PP. 64.
Sudjana, N dan Rivai (2007) dalam kutipan Prasotowo. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: PT. Alfabeta.
Wonohardjo, Surjamanto. 2009. Skema Konservasi Energi Melalui Sektor Rumah Tangga dan Bangunan. Bandung: ITB press.
DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v3i1.22416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.