PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI TGB A SMKN 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Arif Mahdiyanto, Eko Supri Murtiono, AG Thamrin

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara mengggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Project Based Learning; (2) Mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar ranah afektif antara mengggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Project Based Learning;
(3) Mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik antara mengggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran
Project Based Learning pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan kelas XI TGB A SMK N 2 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas XI TGB A. Teknik pengambilan sampel digunakan
nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda untuk data hasil belajar siswa pada ranah penilaian kognitif dan observasi untuk data hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik. Analisa data menggunakan uji wilcoxcon dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, ada perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Project Based Learning (0.000 < 0,05). Kedua, tidak ada perbedaan hasil belajar ranah afektif antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Project Based Learning
(0.221 > 0.05). Ketiga, tidak ada perbedaan hasil belajar ranah afektif antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Project Based Learning (0.497 > 0.05).


Keywords


Konvensional, Project Based Learning, hasil belajar.

Full Text:

PDF
rticle

References


DAFTAR PUSTAKA

Winkel, W.S, (1991). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah.

Jakarta : PT. Grasindo.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusyan, T., Kusdinar, A., & Arifin, Z. (1989). Pendekatan Dalam Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Sani, Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta :Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sopaah, D. (2000). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan N0. 02. Tahun ke-5. Maret 2000.




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v3i1.22414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.