PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING (PETA PEMIKIRAN) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MEMPERBAIKI PROSES BELAJAR SISWA KELAS X TGB PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Prisilia Dhika Wiranti, Rima Sri Agustunin, Trino Su

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbaikan proses belajar siswa dan (2) mengetahui peningkatan hasil tes evaluasi belajar siswa kelas X TGB Program Keahlian Bangunan pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK N 2 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk tindakan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Data diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping (peta pemikiran) dengan media gambar dapat : (1) memperbaiki proses belajar dan (2) meningkatkan hasil tes evaluasi belajar siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Siswa menjadi lebih baik dalam proses belajar meliputi aktivitas belajar, partisipasi siswa dalam diskusi dan proses belajar dengan metode mind mapping. Hasil tes evaluasi belajar siswa mengalami kenaikan persentase sebesar 9,88% dari pra siklus sampai siklus I,dan dari siklus I ke siklus II naik 68,74%, pada aktivitas belajar siswa, partisipasi siswa dan proses belajar dengan metode mind mapping sudah mencapai predikat Baik dan Sangat Baik.


Keywords


Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, Mind Mapping, Proses Belajar, Hasil tes evaluasi belajar

Full Text:

PDF
rticle

References


Anitah, S. (2009). Media

Pembelajaran. Surakarta :Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS. Anitah, S. (2009).

Teknologi Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka

Aqib, Z. (2013). Model-mode,

Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Buzan, T. (2013). Buku Pintar

Mind Map. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama

Chaplin (1972) & (Reber, 1998).

Pengertian Contoh dan Macam Proses Belajar. Diperoleh tanggal 4 Januari 2017 dari

http://delsajoesafira.blogspot.co.id/2010/05/pengertian- contoh-dan-macam-

proses.html?m=1.

Hidayat, (2011). Menyusun Skripsi

& Tesis. Bandung :Informatika Bandung

Sani, R. A. (2013). Inovasi

Pembelajaran. Jakarta :Bumi Aksara.

Santoso (2015:15). Pengertian

Model Pembelajaran Mind Mapping. Diperoleh tanggal 3 Januari 2017 dari http://www.rijalog.com/201 6/04/model-pembelajaran- mind-mapping:html?m=1

Sudjana, N. (2014). Penilaian

Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :Remaja Rosdakarya

Sugiyanto, (2009). Model-Model Pembelajan Inovatif Surakarta




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v3i1.22412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.