PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING (PETA PEMIKIRAN) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MEMPERBAIKI PROSES BELAJAR SISWA KELAS X TGB PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbaikan proses belajar siswa dan (2) mengetahui peningkatan hasil tes evaluasi belajar siswa kelas X TGB Program Keahlian Bangunan pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK N 2 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk tindakan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Data diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping (peta pemikiran) dengan media gambar dapat : (1) memperbaiki proses belajar dan (2) meningkatkan hasil tes evaluasi belajar siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Siswa menjadi lebih baik dalam proses belajar meliputi aktivitas belajar, partisipasi siswa dalam diskusi dan proses belajar dengan metode mind mapping. Hasil tes evaluasi belajar siswa mengalami kenaikan persentase sebesar 9,88% dari pra siklus sampai siklus I,dan dari siklus I ke siklus II naik 68,74%, pada aktivitas belajar siswa, partisipasi siswa dan proses belajar dengan metode mind mapping sudah mencapai predikat Baik dan Sangat Baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anitah, S. (2009). Media
Pembelajaran. Surakarta :Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS. Anitah, S. (2009).
Teknologi Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka
Aqib, Z. (2013). Model-mode,
Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual
(Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Buzan, T. (2013). Buku Pintar
Mind Map. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama
Chaplin (1972) & (Reber, 1998).
Pengertian Contoh dan Macam Proses Belajar. Diperoleh tanggal 4 Januari 2017 dari
http://delsajoesafira.blogspot.co.id/2010/05/pengertian- contoh-dan-macam-
proses.html?m=1.
Hidayat, (2011). Menyusun Skripsi
& Tesis. Bandung :Informatika Bandung
Sani, R. A. (2013). Inovasi
Pembelajaran. Jakarta :Bumi Aksara.
Santoso (2015:15). Pengertian
Model Pembelajaran Mind Mapping. Diperoleh tanggal 3 Januari 2017 dari http://www.rijalog.com/201 6/04/model-pembelajaran- mind-mapping:html?m=1
Sudjana, N. (2014). Penilaian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :Remaja Rosdakarya
Sugiyanto, (2009). Model-Model Pembelajan Inovatif Surakarta
DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v3i1.22412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.