PEMANFAATAN VIDEO TUTORIAL DENGAN CAMTASIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK PADA SISWA KELAS X TGB B DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Ibnu Candra Hakim, Suka timan, Budi Siswanto

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan minat belajar
siswa kelas X TGB B di SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017
pada mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak, (2) meningkatkan
hasil belajar siswa kelas X TGB B di SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran
2016/2017 pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak
menggunakan media video Tutorial dengan Camtasia. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa
kelas X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Sumber
data berasal dari wali kelas, kepala tata usaha dan siswa kelas X TGB B SMK
Negeri 4 Sukoharjo yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media video tutorial dengan Camtasia dapat
meningkatkan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 72,14 % dengan
persentase ketercapaian 75 % menjadi 78,81 % pada siklus II. Hasil belajar
siswa juga meningkat dari prasiklus sebesar 45,71 % menjadi 71,43 % pada
siklus I dan 80,00 % pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan
media video tutorial dengan Camtasia dapat meningkatkan minat belajar dan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak
siswa kelas X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Media Video Tutorial dengan Camtasia,
Minat Belajar, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v1i2.18242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.