PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEJURUAN BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DITINJAU DARI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Dewi Mulyani, AG Thamrin, Abdul Haris Setyawan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemberjalanan
Pendidikan Lingkungan Hidup di SMK. (2) standar Pendidikan Lingkungan Hidup apa
saja yang sudah dan belum diterapkan pada Standar Nasional Pendidikan di SMK. (3)
bentuk pengembangan Pendidikan Kejuruan berbasis Lingkungan Hidup pada Standar
Nasional Pendidikan di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.
Pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumendokumen
yang berkaitan dengan penelitian. Uji validitas data menggunakan
triangulasi data. Analisis data penelitian meliputi tahap pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)
penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMK yang ditinjau dari Standar Nasional
Pendidikan adalah sejalan dengan program-program Adiwiyata (2) Faktor-faktor dan
standar yang ada dalam Pendidikan Lingkungan Hidup di SMK yang sesuai dengan
parameter Adiwiyata dapat dilaksanakan dengan tetap mengadakan perbaikan dan
pemantauan (3) Bentuk pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup pada Standar
Nasional Pendidikan di SMK adalah kegiatan-kegiatan LKS (Lomba Kompetensi
Siswa) dan akreditasi.
Kata Kunci: adiwiyata, standar nasional pendidikan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v1i2.18224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.