IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TGB B PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 SUKOHARJO

Fitriyah sofyani, Sukatiman Sukatiman, Sri Sumarni

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan prestasi belajar
siswa; (2) Peningkatan keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran
Learning Cycle di kelas X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X TGB B yang berjumlah 35
siswa. Uji validitas data menggunakan member check dan analisa data menggunakan
deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari
tahap prasiklus sampai tahap siklus II, yaitu ranah kognitif sebesar 20%; Ranah
afektif sebesar 25,72%; Ranah psikomotorik sebesar 14,47%; Keaktifan siswa
sebesar 8,93%.
Kata kunci: Learning Cycle dan Keaktifan siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v3i3.14774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Indonesian Journal of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.