Digitalisasi Sistem Perpustakaan Sebagai Upaya Pengembangan Literasi Siswa Di SMA Negeri 1 Kayen Kabupaten Pati

Fakhrizal Mustaqim, Maryam Maryam

Abstract

Abstrak

Literasi digital bertujuan untuk meningkatkan keterampilan yang diperlukan untuk menerima, menganalisis, dan mengevaluasi berbagai bentuk informasi dari kegiatan membaca. Proses peminjaman yang dilakukan secara manual menyebabkan peminjaman buku membutuhkan waktu lama, sehingga memerlukan keterlibatan teknologi informasi yang berfungsi untuk menginformasikan buku perpustakaan serta memudahkan peminjam yang dibatasi oleh jarak dan waktu. Aplikasi digitalisasi sistem perpustakaan digunakan sebagai upaya pengembangan literasi pada siswa di SMA Negeri 1 Kayen Kabupaten Pati. Sistem ini dapat memberitahukan informasi buku, ketersediaan buku, menampilkan video pembelajaran, melakukan transaksi peminjaman online melalui website menggunakan barcode yang berisi kode reservasi, memudahkan petugas memonitoring peminjam, membuat laporan, dan dapat mengingatkan peminjam untuk masa peminjaman akan berakhir melalui fitur notifikasi. Metode yang digunakan membangun aplikasi ini menggunakan metode waterfall, yaitu: analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Keunggulan dari penelitian ini berupa fungsi untuk reservasi buku yang diimplementasikan dalam teknologi barcode. Selain itu, untuk mengantisipasi keterlambatan pengembalian buku, fitur notifikasi dibuat dan akan muncul pada halaman riwayat peminjaman. Sistem ini mampu mengelola data pustaka, data transaksi, mengakses video pembelajaran, dan laporan.

==============================================

Abstract

Digital literacy aims to improve the skills needed to receive, analyze and evaluate various forms of information from reading activities. The process of borrowing that is done manually causes borrowing books to take a long time, so it requires the involvement of information technology which functions to inform library books and make it easier for borrowers who are limited by distance and time. The application of digitizing the library system is used as an effort to develop literacy in students at SMA Negeri 1 Kayen, Pati Regency. This system can notify book information, book availability, display learning videos, make online loan transactions via the website using a barcode that contains a reservation code, make it easier for officers to monitor borrowers, make reports, and can remind borrowers that the loan period will end through the notification feature. The method used to build this application uses the waterfall method, namely: requirements analysis, system design, implementation, testing, and maintenance. The advantage of this research is the book reservation function implemented in barcode technology. In addition, to anticipate delays in returning books, a notification feature is made and will appear on the borrowing history page. This system is capable of managing library data, transaction data, accessing learning videos, and reports.

Keywords

buku, literasi, perpustakaan, teknologi

Full Text:

PDF

References

[1] Ersya Julia Hermadilla and T. A. Salim, “Tinjauan literatur sistematis digitalisasi koleksi antikuariat di perpustakaan khusus,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 18, no. 1, pp. 128–143, 2022, doi: 10.22146/bip.v18i1.2367.

[2] S. Sutikman and W. Winarsih, “Aplikasi sistem informasi perpustakaan Mbaku (Mari Baca Buku),” J. TIKA, vol. 7, no. 2, pp. 189–196, 2022, doi: 10.51179/tika.v7i2.1326.

[3] Damayanti, S. Samsugi, A. Nurkholis, and T. Azizul Andika, “Digitalisasi Sistem Peminjaman Buku Pada Smk Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan,” J. Technol. Soc. Community Serv., vol. 1, no. 2, pp. 128–138, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas.

[4] A. Gunawan, “Digitalisasi Perpustakaan: Upaya Untuk Mempertahankan Eksistensi Perpustakaan pada Generasi Milenial,” Academia.Edu, no. 13, 2021, [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/82150416/Digitalisasi_Perpustakaan.pdf.

[5] D. H. Suwarto, B. Setiawan, and S. Machmiyah, “Developing Digital Literacy Practices in Yogyakarta Elementary Schools,” Electron. J. e-Learning, vol. 20, no. 2, pp. 101–111, 2022, doi: 10.34190/ejel.20.2.2602.

[6] A. C. Sofyan, Yuliton Gobai, “Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web Pada Perpustakaan Daerah,” Konf. Nas. Ilmu Sos. dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 78–85, 2020.

[7] T. NW Sutrisna, N. Marlina, I. Kurniawan, and S. Dianing Asri, “Sistem Informasi Perpustakaan Online Pada SMA Generus Mandiri Bogor,” Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 4, no. 2, pp. 245–250, 2021.

[8] N. Husin, “Peminjaman Buku Online dengan Bootstrap untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta,” J. Esensi Infokom J. Esensi Sist. Inf. dan Sist. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 46–50, 2022, doi: 10.55886/infokom.v6i1.455.

[9] D. Nurcahya, H. Nurfauziah, and H. Dwiatmodjo, “Comparison of Waterfall Models and Prototyping Models of Meeting Management Information Systems,” J. Mantik, vol. 6, no. 2, pp. 1934–1939, 2022, [Online]. Available: https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/2677/2150.

[10] A. I. Melliana and N. Nurgiyatna, “Sistem Informasi Arsip Surat Pada SMA Negeri 2 Sukoharjo Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 4, pp. 141–149, 2021, doi: 10.52436/1.jpti.29.

[11] M. S. Rumetna, T. N. Lina, I. S. Rajagukguk, F. S. Pormes, and A. B. Santoso, “Payroll Information System Design Using Waterfall Method,” Int. J. Adv. Data Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: 10.25008/ijadis.v3i1.1227.

[12] S. . Ergashev, “Design of Automated Enterprise Information Systems Using Uml Diagrams in the Creation of Applications,” Innov. Technol. Methodical Res. J., vol. 3, no. 12, pp. 25–33, 2022.

[13] D. Aditiyawarman and S. Mu’alim, “The Application of Waterfall Model in The Design of Zakat Management Information System at DKM Baiturrahman,” Int. J. Soc. Serv. Res., vol. 2, no. 2, pp. 155–167, 2022, doi: 10.46799/ijssr.v2i2.84.

[14] A. Satriansyah, D. Ferdiansyah, and J. Rinaldo, “Application Prototype Attendance System Garuda Indonesia’s Premium Service Assistant Employees Use The Waterfall Model,” J. Comput. Networks, Archit. High Perform. Comput., vol. 4, no. 1, pp. 35–45, 2022, doi: 10.47709/cnahpc.v4i1.1189.

[15] R. D. Irawan, M. Adha, M. P. Sadana, Z. D. K. Washilatul Arba’ah, and E. Utami, “Modeling of the ‘Idresm’ Electronic Journal Publication Portal Using the Waterfall Model,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 6, pp. 1539–1547, 2022, doi: 10.20884/1.jutif.2022.3.6.349.

[16] A. Gunanto and E. Sudarmilah, “Pengembangan Website E-Arsip di Kantor Kelurahan Pabelan,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 20, no. 2, pp. 90–96, 2020, doi: 10.23917/emitor.v20i02.10976.

[17] W. N. Fathoni and M. Maryam, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Surat Keterangan Berbasis Web (Studi Kasus : Desa Dawungan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen),” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 5, pp. 199–208, 2021, doi: 10.52436/1.jpti.38.

[18] G. S. Mahendra and I. K. A. Asmarajaya, “Evaluation Using Black Box Testing and System Usability Scale in the Kidung Sekar Madya Application,” Sinkron, vol. 7, no. 4, pp. 2292–2302, 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i4.11755.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.