Evaluasi User Interface Web Commerce Menggunakan Aturan Eight Golden Rules

Lelycia Darlianti Putri

Abstract

Abstrak

Semakin banyaknya marketplace membuat pengguna mudah melakukan penjualan dan pembelian barang/jasa. Pengguna tentunya memilih marketplace yang mudah digunakan, dari keamanan dan kenyamanan. Dalam hal ini salah satu yang mempengaruhi kenyamanan menggunakan marketplace yaitu user interface. User interface merupakan salah satu penyebab yang dapat membuat kenaikan trafik sebuah website. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tingkat kenyamanan website marketplace. Metode yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan aturan eight golden rules karena aturan tersebut lebih mudah diterima dan dirasa nyaman oleh user. Aturan eight golden rules digunakan pada saat proses wawancara sebagai indikator protokol wawancara. Proses analisa data menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja. Pada validasi data terdiri dari kredibilitas data, Keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil dari penelitian ini adalah website Tokopedia melebihi website Shopee dan Bukalapak, karena website Tokopedia cenderung mempunyai konsistensi warna, tata letak, font/huruf yang lebih baik, kegunaan yang universal dapat membantu pengguna, interface dapat mencegah kesalahan serius, perintah undo/back tidak membingungkan pengguna, tampilan yang sederhana dan mudah diingat. Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa user interface website Tokopedia dapat dikatakan mudah dan nyaman digunakan oleh pengguna karena memenuhi aturan eight golden rules.

==============================

Abstract

More marketplaces make it easy for users to make sales and purchases of goods/services. Users certainly choose a marketplace that is easy to use, from security and comfort. In this case one that affects the convenience of using the marketplace is user interface. User interface is one of causes that can increase website traffic. This research aims to find out level of comfort of marketplace website. The method used is qualitative research with eight golden rules because the rules are more easily accepted and felt comfortable by user. Eight golden rules are used during interview process as an indicator of the interview protocol. Process of analyzing data uses qualitative research methods, namely data reduction, categorization, synthesis, and working hypothesis. Data validation consists of data credibility, dependability, certainty. The results of this study are Tokopedia website exceeds Shopee and Bukalapak, because Tokopedia website tends to have better color consistency, layout, fonts, universal usability can help the user, interface can prevent serious errors, command undo/back doesn’t confuse user, simple and easy to remember display. From this research, it can be seen that user interface Tokopedia website can be said to be easy and convenient to use because it meets the eight golden rules.

 

Keywords

marketplace, user interface, eight golden rules, website

Full Text:

PDF

References

[1] K. Islam and D. A. Rahayu, “Evaluasi Antarmuka Website Tokopedia menggunakan Metode Heuristic,” vol. 8, no. 1, pp. 33–38, 2018.

[2] R. Faticha, A. Aziza, and Y. T. Hidayat, “Analisa Usability Desain User Interface Pada Website,” vol. 13, no. 1, pp. 7–11, 2019.

[3] P. Krisnayani, I. K. R. Arthana, and I. G. M. Darmawiguna, “Analisa Usability Pada Website UNDIKSHA Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” vol. 5, 2016.

[4] M. Solikin, “Evaluasi Interface Aplikasi Ujian Nasional Berbasis Komputer,” no. November, pp. 157–166, 2017.

[5] “Peta E-Commerce Indonesia,” Iprice Insight, 2019. .

[6] M. Yazid, R. A. Pratama, and S. Riyadi, “User Interface Evaluation of Indonesian Online News Portals : Case Study of Vivanews and Detikcom,” pp. 455–472, 2017.

[7] C. B. Susila and M. Suyatno, “Evaluasi User Interface Pada Aplikasi Pacitan Tourism,” vol. 5, pp. 25–37, 2016.

[8] H. Agustiyo, “Evaluasi Usability Aplikasi Pelayanan Masyarakat Jangka Joyoboyo Polres Kediri,” pp. 202–206, 2018.

[9] J. L. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

[10] H. P. Febriani, “Pemberian Motivasi Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pustakawan Di Upt Perpustakaan Iain Surakarta.”

[11] P. P. Makassar and M. T. Bunga, “Analisis Data Kualitatif,” vol. 10, no. 01, pp. 59–74, 1979.

[12] L. Flemming, Reading Keys, 3rd ed. Boston, USA, 2011.

[13] B. S. Bachri, T. Pendidikan, and F. I. Pendidikan, “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif,” 1986.

[14] I. Hamidi. Nuzuwar. Nurmal, “Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dan Supervisor,” vol. 2, 2019.

[15] M. Carcary, “The Research Audit Trial – Enhancing Trustworthiness in Qualitative Inquiry,” vol. 7, no. 1, pp. 11–24, 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.