Media Pembelajaran Interaktif Geometri Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android

Rifqi Mizan Aulawi

Abstract

Pelajaran kimia dikenal dengan materi yang memerlukan daya imajinasi ekstra. Rata-rata pelajar mempunyai tingkat pemahaman yang berbeda. Oleh karena itu pengajar perlu mencari media alternatif untuk meningkatkan minat  dan pemahaman para pelajar. Salah satu media alternatif yang dapat dijadikan dalam pembelajaran kimia yakni teknologi Augmented Reality. Metode berbasis Android ini menyajikan pembelajaran dalam bentuk geometri molekul. Penelitian ini menggunakan pendekatan Interactive Multimedia System Design Development (IMSDD) untuk membangun sebuah aplikasi metode pembelajaran interaktif geometri molekul kimia berbasis Augmented Reality. Penelitian ini menghasilkan sebuah prototype aplikasi Augmented Reality geometri molekul yang mempunyai fitur menggunakan multimarker. Fitur tersebut  dapat menggabungkan beberapa marker atom menjadi bentuk geometri molekul H2O, BCl2, BeF3, dan NH3. Tools untuk membangun aplikasi ini menggunakan Vuforia dan Unity3D. Hasil dari pengujian blackbox menunjukkan bahwa marker atom dan molekul yang terbentuk dari beberapa atom dapat terdeteksi dengan baik. Parameter yang diujikan meliputi deteksi marker, jarak, sudut dan pengaruh cahaya. Hasil analisis pengujian dapat disimpulkan bahwa multimarker dapat berjalan pada prototype aplikasi Augmented Reality geometri molekul namun hasil yang didapatkan marker harus dimodifikasi terlebih dahulu karena metode ini tidak dapat menggunakan marker sejenis (marker yang sama) seperti Hidrogen saja sehingga perlu dimodifikasi marker seperti marker Hidrogen 1, Hidrogen 2 dan Hidrogen 3.

_______________________________________

Abstract

Chemistry is well-known as a subject which requires high imagination. Students commonly have different level of understanding. Thus, teachers need to look for other alternatives to increase students’ motivation and understanding in learning. One of the alternatives that can be used to learn Chemistry is Augmented Reality technology. This Android-based method provides learning material in the form of molecule geometry. This research uses Interactive Multimedia System Design Development (IMSDD) to create an Augmented-Reality-based application of interactive learning method of chemical molecule.

This research obtains a prototype of an Augmented-Reality-based application of molecule geometry of which feature uses multi-maker. The feature can combine some atomic markers into molecule geometry of H2O, BCl2, BeF3, and NH3. The tools used to create this application are Vuforia and Unity3D. The result of blackbox testing shows that atomic and molecular markers which are formed by some atoms can be detected properly. Parameter tested consists of detection of marker, distance, angle, and effect of light. Based on the result of the analysis, it can be concluded that multi-maker method works on the prototype of Augmented-Reality-based application of molecule geometry. However, the result of the marker should be modified first because this method cannot use the same type of marker such as Hydrogen only, so the marker needs to be modified like Hydrogen 1, Hydrogen 2, and Hydrogen 3. 

Keywords

Augmented Reality

Full Text:

PDF

References

F. Manuri and A. Sanna, “A Survey on Applications of Augmented Reality,” Adv. Comput. Sci. an Int. J., vol. 4, no. 1, pp. 2321–5157, 2016.

T. R. Widodo, A. Setiawan, and S. Rostianingsih, “Pembuatan Aplikasi Pembelajaran ‘Ikatan Kimia’ dengan Memanfaatkan Augmented Reality,” J. Infra, vol. 4, no. 2, pp. 126–129, 2016.

M. A. G. Rajmah, M. Adrian, and M. B. Sanjaya, “Aplikasi AlChemist Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android untuk Pembelajaran Kimia SMA,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 1448–1460, 2017.

P. Nikko, W. Hafidha, and E. Sudarmilah, “Augmented Reality Sistem Periodik Unsur Kimia Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Tingkat SMA Berbasis Android Mobile,” KomuniTi, vol. VI, no. 2, pp. 122–131, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Mohammad Dastbaz, Designing Interactive Multimedia System. New York: McGraw-Hil, 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan(Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.