CERITA RAKYAT DEWI SRITANJUNG SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL

Firdauzia Nur Fatimah, Edy Tri Sulistyo

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan cerita rakyat “Dewi Sritanjung” sebagai upaya mewujudkan pendidikan karater berbasis kearifan lokal. Kajian ini merupakan kajian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian nilai-nilai kearifan lokal cerita rakyat Dewi Sritanjung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan ahli sejarah dan budayawan.  Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan model mengalir, yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan simpulan. Hasil analisis dan simpulan dalam penelitian ini, yakni nilai kearifan lokal yang tercermin dalam cerita rakyat Dewi Sritanjung berupa nilai jujur dan religius. Wujud pendidikan karakter berbasis nilai kearifan lokal dari cerita rakyat Dewi Sritanjung, yakni sikap dan perilaku tokoh yang diwujudkan dalam bentuk pengorbanan Dewi Sritanjung dengan merelakan dirinya dibunuh untuk menujukkan bahwa dirinya benar-benar jujur dan karakter religius juga digambarkan pada tokoh Dewi Sritanjung, hingga akhirnya dihidupkan kembali oleh Dewa.

Keywords

Cerita Rakyat; Pendidikan Karakter; Nilai Kearifan lokal

Full Text:

PDF

References

Danandjaya, J. (1997). Folklor Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Endraswara, Suwardi. (2013). Folklor Jawa. Makna, Bentuk dan Nilainya. Jakarta: Penaku.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter. Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nashir, Haedar. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan. Yogyakarta: Multi Presindo.

Samani & Hariyanto. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Sukmadinata. Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Sutopo. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press, 2002.

Unsriana, Linda, “Nilai Kearifan Lokal Dalam Cerita Rakyat Jepang” (Minwa), Jurnal Humaniora, 4, no. 1 (2013): 310-317.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.