PRINSIP KERJA SAMA DALAM BAHASA TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DI TOKOPEDIA.COM

Muh. Qomaruddin, Larasati Nourmalita Devi

Abstract

Penelitian ini berbentuk kualitatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah alasan terjadinya pelanggaran dan pematuhan pinsip kerja sama dalam bahasa transaksi jual beli online di Tokopedia.com. Data dalam penelitian ini adalah percakapan yang didalamnya terdapat kalimat tuturan-tuturan yang mencerminkan penerapan prinsip kerja sama dalam bahasa transaksi jual beli online di Tokopedia.com beserta konteksnya. Sumber data pada penelitian ini adalah toko online Tokopedia.com pada bulan Januari – Maret 2016.  Analisis menggunakan metode heuristik kontekstual. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa alasan terjadinya pelanggaran dan pematuhan prinsip kerja sama dalam bahasa transaksi jual beli online di Tokopedia.com ditemukan empat jenis pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama yaitu, maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim cara dengan alasan masing-masing maksim berdasarkan motif-motif tertentu.

 

Kata Kunci: Prinsip kerja sama, transaksi, jual beli online

Full Text:

PDF

References

Grice, H.P. (1975). Logic and Conversation. Dalam Peter Cole dan Jerry L. Morgan. (EDS). Syntax and Semantics Volume 3: Speech Acts. New York: Academic Press.

_______. (2006). Logic and Coversation dalam The Discource Reader (ed Adam Jaworski and Nikolas Coupland). London and New York: Routledge.

Rahardi, K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik (Diterjemahkan oleh M.D.D.Oka). Jakarta: Balai Pustaka.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Sec ara Linguistik) Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Suharsono. (2003). Register Tawar Menawar pada Warung Penjaja Buah-buahan Yogyakarta: Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXV.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.