BAHASA DAN HABITUS KELAS DALAM BUKU AL-ARABIYAH BAYNA YADAIK JILID 2
Abstract
Penelitian ini membahas habitus kelas dominan dalam wacana buku Al-Arabiyah Bayna Yadaik jilid 2 dan habitus kelas terdominasi di dalamnya. Data utama yang diperlukan untuk penelitian ini adalah data kebahasaan berupa kalimat dalam wacana yang digunakan dalam buku tersebut. Data tersebut dikumpulkan dengan metode simak teknik sadap terhadap buku Al-Arabiyah Bayna Yadaik jilid 2. Teknik sadap dilakukan dengan cara sadap bebas libat cakap, yaitu peneliti memerhatikan dengan cermat tanpa ikut berpartisipasi dalam penggunaan bahasa dalam buku Al-Arabiyah Bayna Yadaik jilid 2. Penelitian dilakukan pendekatan analisis wacana kritis yang dilakukan dengan menemukan kalimat dari wacana buku tersebut yang menunjukkan dan mengisyaratkan suatu habitus kelas sosial tertentu. Hasil penelitian yaitu sosialisasi habitus kelas atas lebih banyak dilakukan dalam buku Al-Arabiyah Bayna Yadaik jilid 2 daripada habitus kelas bawah. Banyak kalimat ditemukan dalam bacaan yang mengindikasikan bahwa pelaku cerita berasal dari kelas atas. Habitus kelas atas ditunjukkan dengan berbagai mekanisme sosialisasi, berupa kebiasaan, simbolisasi maupun karakter kelas atas, sedangkan habitus kelas bawah hanya ditampakkan dalam pencitraan profil saja.
Kata kunci: wacana, kelas sosial, analisis wacana kritis
Full Text:
PDFReferences
Martono, N. (2012). Kekerasan Simbolik di Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Munawwir, A.W. (1997). Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Susilo, E. (2012). “Orkes Simfoni Jakarta dalam Perspektif Habitus Bourdieu”. Jurnal. Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Jogjakarta.
Wahyuni, L. (2008). “Kekuasaan Simbolik dalam Wacana Politik di Media Cetak”. Jurnal. IKIP Budi Utomo Malang.
ابراهيم، عبد الرحمن. (2003). العربية بين يديك:كتاب الطالب. الرياض: مؤسسة الوقف الإسلامى
Refbacks
- There are currently no refbacks.