The Implementation of Character Values in Social Studies Learning To Anticipate Global Issues In Primary School

Yoga Fernando Rizqi

Abstract

Isu yang berkembang di masyarakat secara global, banyak menyita perhatian serta memberikan pengaruh yang luas sehingga dapat berdampak negatif bagi kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan implementasi nilai – nilai karakter dalam diri peserta didik di sekolah menengah atas pada pembelajaran IPS untuk mengantisipasi isu-isu global. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini, terjadinya perubahan nilai karakter siswa dan siswi di SMP Negeri 30 Bandar Lampung seperti agama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin, dan komunikatif. Tercapainya perubahan telah direncanakan oleh guru, dengan mengoptimalkan SK, KD, dan RPP dan materi pembelajaran yang sesuai dengan isu global. Sehingga siswa dapat lebih siap untuk mengantisipasinya.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Muis Naharong. 2013. Terorisme atas Nama Agama. Program Studi Falsafah dan Agama Universitas Paramadina, Jakarta. Refleksi, Vol 13, No 5 Oktober.

A.C Manullang. 2001. Menguak Tabu Intelijen Teror, Motif dan Rezim. Jakarta: Panta Rhei.

Andrew Clapham. 2008. “Extending International Criminal Law beyond the Individual to Corporations and Armed Opposition Groups”. Journal of International Criminal Justice.

Creswell, J. H. (2014). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih di antara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fareza Febry. 2018. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Role Playing Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat. Bina Goglk Vol. 5. No.1 Maret.

Habib Ridwan, Muh. 2005. Isu-Isu dan Masalah Global dalam Kaintannya dengan Kepentingan Nasional. Jakarta.

Haryono, Endi. 2010. Kebijakan Anti-Terorisme Indonesia: Dilema Demokrasi dan Represi, JSP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 14, Nomor 2, November.

Ilmiwan Bahrir, dkk. 2013. Pengaruh Penerapan Bajan Ajar Bermuatan Nilai – Nilai Karakter Dalam Model Pembelajaran angsung Terhadap Hail Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Bukittinggi. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, Vol. 2 Oktober

Jaenudin Riswan. 2012. Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial(PIPS).Forum Sosial. Vol 5., No. 1 Febuari.

Karwanti, Asrie. 2015. Tantangan IPS/IIS dalam Dinamika Sosial Budaya. Prosiding Konvensi Nasional Pendidikan IPS Indonesia (KONASPIPSI) III.

Kementrian PPN/ Bappenas. 2013. Proyeksi Penduduk Indonesia 2010 – 2035. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Pusat Statistik United Nations Population FUND. Jakarta Oktober.

Nadjamuddin Ramly. 2007. Pariwisata Berwawasan Lingkungan. Belajar dari Kawasan Wisata Ancol. Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.

Nahruddin, Z., Tambajong, H. (2017). The Behavior of Apparatus and Cultural Organization in Provision of Public Service in District Level. Scholars Journal of Arts, Humanities and Social Sciences.

Nasikun. 2001. Bahan Kuliah; Isu Dan Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan. Magister Administrasi Publik. Universitas Gajah Masa, Yogyakarta.

Putri Nabila Evrida. 2019. Peran Pendidikan Formal Berbasis Islam Dalam Penguatan Karakter Remaja Di MTS Riyadlatul Fallah Desa Tondowulan.CORCYS (Conference on Research & Community Services). https://ejournal.stkipjb.ac.id

Putri Ragil D. P, Safitri Nindiya E. 2018. Implementasi Nilai-Nilai Karakter KECE (Komunikatif, Empatik, Cinta Damai, Energik) Di Sekolah Dasar Dalam Pemanfaatan Monus Demografi. Seminar Nasional Pendidikan Banjarmasin, 24 Maret.

REPUBLIKA.co.id. 2015. Akibat Pendidikan Karakter Yang Kurang. Diakses pada Senin 25 May. Pukul 13.00. Diakses pada tanggal 05 Januari 2020.

Robert P. Borong. 1999. Etika Bumi Baru. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sariyatun. 2013. Pengembangan Model Pendidikan Nilai-Nilai Budaya Di SMP Berbasis Tradisi Seni Batik Klasik Surakarta.Paramita. Vol. 23 No.2.

Sholeh, Muh. 2015. Isu Global dan Tantangan Pembelajaran Pendidikan IPS. Prosiding Konvensi Nasional Pendidikan IPS Indonesia.

Sholeh, Muh. 2019. Isu Global Dan Tantangan Pembelajaran Pendidikan IPS. Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Siregar Parhulutan. 2014. Etika Politik Global: Isu Hak – Hak Asasi Manusia. Jurnal Medan Agama. Academia.edu

Subagyo Agus. 2015. Teoris(ME) Aktor & Isu Global Abad XXI. Alfabeta, Bandung. April.

Subhan Muhammad. 2016. Pergeseran Orientasi Gerakan Terorisme Islam Di Indonesia. Jurnal Of Internasional Relation, Vol 2 No 4

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W.B., dan Lestari, A.H.2017. Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor. Edutecno. Vol 16. No. 1.

Sulfemi, W.B. (2016). Perundang-Undangan Pendidikan. Bogor: Program Studi Administrasi Pendidikan STKIP Muhammadiyah Bogor.

Susanti Herdiana Ayu. 2015. Strategi Komunikasi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN).Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Vol 2. No.4

Wuryandari Ganewati. 2014. Politik Luar Negeri Indonesia Dalam Menghadapi Isu Terorisme Internasional.Jurnal Penelitian Politik. Vol. 11 No.2 Desember.

Zuchdi, Damiyanti, dkk. 2013. Model Pendekatan Karakter: (Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah). Yogyakarta: CV. Multi Presindo

Zulfan Nahruddin. 2018. Isu- Isu Strategis Permasalahan Lingkungan Hidup. Universitas Muhammadiyah Makasar. Osf.io

Refbacks

  • There are currently no refbacks.