PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH

Esti Nurhayati, Husain Haikal, Hermaanu Joebagio

Abstract

Background: This study was conducted in order to determine whether the use of inquiry method can improve learning competence in the subjects of history at SMA Negeri 1 Tract class XI IPS 4 the 2nd half of 2012/2013, the number of respondents as many as 35 students.

Methods: The study was a classroom action research. Source of data in the form of documentation, observation or observation and tests. The data source is taken test results. Techniques used in the data collection in the form of technical documentation, observation, and test the tools used in the collection of data such as documents of value, items pre test and post test first cycle, second cycle and third cycle. The research was conducted in three cycles with activities covering action planning, action, observation and reflection. This class action research uses the content validation.

Results: The design or the design of teaching history refers to the curriculum SBC applicable, historical material which has been applied to the content standards, basic competence, teaching materials that have been neat. Learning the inquiry method can improve the competence of learning history. The improvement can be seen from the number of students who scored at or above the KKM is 100% and the average of the values are increased by 96%, from an average 43.07 into 80.57.

Keywords

Class Actions Research, methods of inquiry, learning achievement

Full Text:

PDF

References

Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Aminudin Kasdi. 1991. Pengantar Ilmu Sejarah. Surabaya: University Press IKIP Surabaya.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Enco Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

H.B Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Penerapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Harun Rasyid. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

I Wayan Badrika. 2006. Sejarah Untuk SMA Kelas XI Program Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Kochar.S.K. 2008. Teaching of History. Jakarta: Grasindo.

Kuntowijoyo. 2006. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta. Yayasan Benteng Budaya.

----------------. 2004. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Louis Gottschalk. 1986. Mengerti Sejarah. Jakarta: UI-Press.

Mohammad Asrori. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih & Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

-----------------. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung:

Trigenda Karya.

Poerwodarminato, WJS. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka.

Program Pascasarjana. 2011. Pedoman Penulisan Tesis. Universitas Sebelas Maret.

Pour, Julius. 1995. Sejarah Proklamasi dan Orde Baru. Jakarta: Grasindo.

Ratna Wilis Dahar. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Rochiati Wiriaatmadja. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohiati. 2010. Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktek dilengkapi Dengan Contoh Rencana Strategi dan Operasional. Bandung: Refika Aditama.

Sidi Gazalba. 1981. Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu. Jakarta: Bhatara Karya Aksara.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Anitah, Wiryawan, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

___________. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Thursan Hakim. 2000. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Tukiran Taniredja, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Udin S. Winataputra. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wahyudin. 2008. Kurikulum, Pembelajaran, dan Evaluasi Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi para Guru dan Calon Guru Profesional. Jakarta: Ipa Abong.

Wina Sanjaya. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sri Jutmini. 2008. “Penggunaan Strategi Inkuiri dalam pembelajaran Sejarah”, dalam Jurnal Paedagogia Jilid II. No 1 Februari 2008. Hal. 33-40.

Suwarno dan Kartono. 2007. “Pengembangan Kemampuan Siswa meneliti Sejarah Lokal Melalui Model Inkuiri (Studi Kasus di SMA Negeri 5 Purwokerto)”, dalam Jurnal Pendidikan Th. XXVI No. 3 November 2007. Hal. 251-265.

Swan, K., Garrison, D. R. & Richardson, J. C. 2009. “A Constructivist Approach To Online Learning: the Community of Inquiry Framework”. In Payne, C. R. (Ed.) Information Technology and Constructivism in Higher Education: Progressive Learning Frameworks. Hershey, PA: IGI Global, 43-57.

Tati Setiawati dkk.. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Praktek Industri Pada Program Studi Pendidikan Tata Boga”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13 No. 1, April 2012. Bandung: UPI Press. Hlm. 61-66.

Tri Widodo. 2011. “Memahami Makna Praksis Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kontroversial”, dalam Jurnal Paramita Vol. 21 No. 2 – Juli 2011: Hlm. 238-247.

Eko Targiyatmi. 2013. Penerapan Metode Inkuiri Melalui Pengamatan Situs Sejarah di Kota Solo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Menumbuhkembangkan Kecintaan Pada Bangunan Bersejarah (Studi pada siswa XI IPS 2 SMA Batik 1 Surakarta). Surakarta: UNS.

Supatminingsih Dwi Rahayu. 2012. Peningkatan pemahaman siswa dalam membaca dengan menggunakan inquiry activity (Penelitian dilakukan di kelas VIIIA SMP Negeri 3 Ngargoyoso, Karanganyar Jawa Tengah tahun 2011/2012). Surakarta: UNS.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.