HUBUNGAN PEMAHAMAN MUSEUM ACEH DAN KESADARAN SEJARAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN DI KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH

Muhammad Haikal, Warto W., Muhammad Akhyar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) hubungan pemahaman Museum Aceh dengan hasil belajar sejarah pada siswa  SMAN di Kecamatan Kuta Alam; (2) hubungan  kesadaran sejarah dengan hasil belajar sejarah  pada siswa  SMAN di Kecamatan Kuta Alam; dan (3) hubungan antara pemahaman Museum Aceh dan kesadaran sejarah secara bersama-sama dengan hasil belajar sejarah pada siswa  SMAN di Kecamatan Kuta Alam.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa  SMAN di Kecamatan Kuta Alam yang terdiri atas dua sekolah yaitu SMAN 8 Banda Aceh dan SMAN 12 Banda Aceh berjumlah 100 siswa kelas XI IPS.  Ukuran sampel penelitian berjumlah 78 siswa. Ukuran sampel ditentukan berdasarkan Tabel Issac dan Michael. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur variabel pemahaman Museum Aceh dan hasil belajar  sejarah sedangkan angket digunakan untuk mengukur variabel kesadaran sejarah. Uji coba instrumen tes dilakukan untuk tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Uji coba kuesioner untuk mengetahui uji validitas butirdan reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji linieritas. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman Museum Aceh (X1) dengan hasil  belajar sejarah (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,250 dan nilai 𝞡 value (0,027< 0,05). (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesadaran sejarah (X2) dengan hasil belajar sejarah (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,234 dan nilai 𝞡 value (0,039 <  0,05). (3) terdapat hubungan positif yang signifikan secara bersama pemahaman Museum Aceh (X1) dan kesadaran sejarah (X2) dengan hasil belajar sejarah (Y) dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,317 dan nilai 𝞡 value (0,019 <0,05).

Keywords

Pemahaman Museum Aceh, Kesadaran Sejarah, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Budiharto, Tri. 2004. Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kesadaran Sejarah Dengan Prestasi Belajar Sejarah Nasional Indonesia Siswa SMU Negeri Di Kabupaten Sukoharjo.[Tesis]. Surakarta. UNS.

Hasmi, A.F, Taib and Aida. 2014. The Integration of Interactive Display Method and Heritage Exhibition at Museum.Procedia.Social and behavioral 153.308- 316.

Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah. Bandung: Alfabeta.

Maisaroh.2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di Smk Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2.

Maslahah, Wafiyatu. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Inquiry Dan Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas X SMK Negeri Di Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2013/2014.[Tesis].Surakarta: UNS.

Moedjanto.1989. Kesadaran Sejarah dan Indikatornya.Historika No.2 Surakarta: PPS KPK UNS.

Novandri, B. 2013.Pengaruh Pemanfaatan Sumber Sejarah Lokal Daerah Sekitar Kota Tegal Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa SMA Negeri Sekota Tegal.Engineering Education Journals UNIMA Volume1 No. 4.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sedyawati, Edi. 2010. Budaya Indonesia Kajian Arkeologi, Seni dan Sejarah.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sudjana.2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakaya.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar &pembelajaran disekolah Dasar.Jakarta: Kencana.

Widhiastanto, Yohannes. 2014. Hubungan kesadaran sejarah dan motivasi belajar sejarah dengan prestasi belajar sejarah mahasiswa VI program studi PPKn STKIP PGRI Ngawi tahun akademik 2013/ 2014. [Tesis]. Surakarta: UNS

Widja. 1989. Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: PLPTK

Refbacks

  • There are currently no refbacks.