PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL BERBASIS PROBLEM SOLVINGOUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Muhjam Kamza, S. Sunardi, S. Sariyatun

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah lokal yang diterapkan di program studi pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala, (2) mendeskripsikan proses pengembangan model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning,(3) menganalisis efektifitas model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning  dalam meningkatakan kreativitas dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Syiah Kuala.

            Penelitian ini mengacu pada prosedur R&D yang diawali dengan studi pendahuluan, uji kelayakan produk, dan uji efektivitas produk. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket kreativitas belajar dan tes prestasi belajar sejarah lokal (Sejarah Aceh I). Uji coba instrumen angket meliputi uji  validitas dan reliabilitas. Uji coba instrumen tes meliputi tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Uji keseimbangan menggunakan uji rerata t, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran sejarah lokal yang diterapkan di program studi pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala selama ini bersifat teacher center, (2) pengembangan model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning  dilakukan dengan prosedur R&D yang diawali dengan studi pendahuluan, uji kelayakan produk, dan uji efektivitas produk, (3) efektifitas model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning membawa dampak yang positif dan signifikan dalam meningkatakan kreativitas dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Syiah Kuala, perbandingan nilai post test kreativitas kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol (112,55>94,35) dan prestasi belajar mahasiswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol (18,80>16,15).

Keywords

Problem Solving Outdoor Learning, Kreativitas, Prestasi

Full Text:

PDF

References

Borg, W.R & Gall, M.D. 2007. Educational Reasearch: An Introduction. (Eihgth Edition). Sydnet: Pearson Education, Inc

Deporter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2000. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kayfa

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Husamah. 2013. Pembelejar Luar Kelas Outdoor Learning Amcangan Strategis mengembangkan Metode Pembelajaran yang Menyenangkan Inovativ &Menantang. Jakarta: Preatasi Pustakaraya

Isjoni & Ismail, A. 2008. Model-model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Joyce, B and Weil. 2009. Model Of Teaching (edisi ke- 8 cetakan ke- 1) diterjemahkan oleh Achmad Fuwaidh dan Atelia Mirza, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riyanto, Y. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Prefesionalisme Guru. Jakarata: PT Grafindo Persada

Sani, A.R. 2014. “Pembelajaran Saitifik Untik implementasi Kurikulujm 2013”. Jakarta: Bumi Aksara

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembalajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sudjana, N & Rivai, A. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa komponen Layanan Khusus. Jakarta: PT Rineka Cipta

Uno, B. H & Mohamad, N. 2013. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovativ, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovativ Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.