PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL BERBASIS PROBLEM SOLVINGOUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah lokal yang diterapkan di program studi pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala, (2) mendeskripsikan proses pengembangan model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning,(3) menganalisis efektifitas model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning dalam meningkatakan kreativitas dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Syiah Kuala.
Penelitian ini mengacu pada prosedur R&D yang diawali dengan studi pendahuluan, uji kelayakan produk, dan uji efektivitas produk. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket kreativitas belajar dan tes prestasi belajar sejarah lokal (Sejarah Aceh I). Uji coba instrumen angket meliputi uji validitas dan reliabilitas. Uji coba instrumen tes meliputi tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Uji keseimbangan menggunakan uji rerata t, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran sejarah lokal yang diterapkan di program studi pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala selama ini bersifat teacher center, (2) pengembangan model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning dilakukan dengan prosedur R&D yang diawali dengan studi pendahuluan, uji kelayakan produk, dan uji efektivitas produk, (3) efektifitas model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning membawa dampak yang positif dan signifikan dalam meningkatakan kreativitas dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Syiah Kuala, perbandingan nilai post test kreativitas kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol (112,55>94,35) dan prestasi belajar mahasiswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol (18,80>16,15).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, W.R & Gall, M.D. 2007. Educational Reasearch: An Introduction. (Eihgth Edition). Sydnet: Pearson Education, Inc
Deporter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2000. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kayfa
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Husamah. 2013. Pembelejar Luar Kelas Outdoor Learning Amcangan Strategis mengembangkan Metode Pembelajaran yang Menyenangkan Inovativ &Menantang. Jakarta: Preatasi Pustakaraya
Isjoni & Ismail, A. 2008. Model-model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Joyce, B and Weil. 2009. Model Of Teaching (edisi ke- 8 cetakan ke- 1) diterjemahkan oleh Achmad Fuwaidh dan Atelia Mirza, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riyanto, Y. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Prefesionalisme Guru. Jakarata: PT Grafindo Persada
Sani, A.R. 2014. “Pembelajaran Saitifik Untik implementasi Kurikulujm 2013”. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembalajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sudjana, N & Rivai, A. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa komponen Layanan Khusus. Jakarta: PT Rineka Cipta
Uno, B. H & Mohamad, N. 2013. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovativ, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovativ Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.