PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VISUALISASI TRADISI KIRAB KEBO 1 SURO UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN BUDAYA LOKAL SISWA SMK NEGERI DI KABUPATEN SUKOHARJO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran sejarah di SMK Negeri di Kabupaten Sukoharjo, 2) Mengembangkan media pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai tradisi kirab kebo 1 Suro untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal siswa SMK Negeri di Kabupaten Sukoharjo, 3) Menguji efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai tradisi kirab kebo 1 Suro untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal siswa SMK Negeri di Kabupaten Sukoharjo
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan tahap sesuai dengan kebutuhan penelitian, yaitu 1) Tahap penelitian pendahuluan, terdapat eksplorasi yang menyangkut kegiatan studi lapangan dan studi kepustakaan untuk menetapkan tujuan sehingga selanjutnya dilakukan penyusunan draf ( propotype ) berdasarkan permasalahan, kebutuhan guru dan siswa. Temuan selanjutnya didiskusikan dengan guru, 2) Tahap pengembangan, dalam tahap ini hasil temuan yang telah didiskusikan dengan guru maka selanjutnya penyusunan propotype bahan ajar yang kemudian dilakukan beberapa hal, yaitu : (a) Expert juggement ( koreksi oleh tim ahli ), (b) Uji terbatas dan perbaikan ( uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar ), dan (c) Uji luas dan perbaikan draf awal sebagai validasi hingga propotype dinyatakan layak dan siap diekperimenkan pada tahap selanjutnya. 3) Tahap uji keefektifan dengan melakukan eksperimen untuk menguji keefektifan propotype yang disusun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak di SMK Negeri 3 Sukoharjo dan SMK Negeri 6 Sukoharjo. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, dan uji t
Pernyataan tersebut dibuktikan berdasarkanan analisis menggunakan uji t. Dari hasil uji t 2,2 > 1,96 = t tabel maka ditarik keputusan uji H0 ditolak dan itu artinya dua kelompok memiliki sikap ketahanan budaya lokal yang tidak sama. Uraian tersebut membuktikan bahwa produk media pembelajaran sejarah menggunakan audiovisual yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung S, Leo dan Wahyuni, Sri. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Ombak.
Alexon. 2010. Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya. Unit FKIP UNIB Press
Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Arifin, dkk. Kajian Sejarah Mikro sebagai Muatan Lokal. Surakarta: Sebelas Maret University Press
Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: DIVA Perss.
Budiningsih, A.C. 2008. Pembelajaran Moral : Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta : Rineka Cipta.
Bord W.R and Gall M.D. 2003. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc
Budiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Edisi ke-2. Surakarta: UNS Press
Denzin, N & Lincoln, Y. 2011. The Sage Handbook Qualitative Research 1. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Karina
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Edi. 2012. Budaya Indonesia kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hamalik, Oemar. 2011. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Karya
Hamid, Darmadi. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya
¬¬¬¬Joyoatmojo, Soetarno. 2011. Pembelajaran Efektif: Pembelajaran yang Membelajarkan. Surakarta : UNS Press.
Kartodirjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: gramedia Pustaka Utama
Kochhar, S.K. 2008. Teaching Of History: Pembelajaran Sejarah. Jakarta : Grasindo.
Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo
Latif, Abdul. 2009. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung : PT Refika Aditama.
Ma’arif, Syamsul. 2005. Pendidikan Pluralisme Di Indonesia. Yogyakarta: Logung Pustaka.
Martono, Nanang. 2012. Kekerasan Simbolik di Sekolah: Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Moh. Ali. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta. Lkis
Nana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Transito
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan: Stimulus ilmu pendidikan bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Putra, Nusa. 2013. Research & Development ( Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar ). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Richey, Rita C. Klein. (2007). Design and Development Research. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.
Samani, Muchlas. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.