PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VISUALISASI TRADISI KIRAB KEBO 1 SURO UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN BUDAYA LOKAL SISWA SMK NEGERI DI KABUPATEN SUKOHARJO

Marchela Siwi Fajarwati, M. Mulyoto, D. Djono

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran sejarah di SMK Negeri di Kabupaten Sukoharjo, 2) Mengembangkan media pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai tradisi kirab kebo 1 Suro untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal siswa SMK Negeri di Kabupaten Sukoharjo, 3) Menguji efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai tradisi kirab kebo 1 Suro untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal siswa SMK Negeri di Kabupaten Sukoharjo

            Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan tahap sesuai dengan kebutuhan penelitian, yaitu 1) Tahap penelitian pendahuluan, terdapat eksplorasi yang menyangkut kegiatan studi lapangan dan studi kepustakaan untuk menetapkan tujuan sehingga selanjutnya dilakukan penyusunan draf ( propotype ) berdasarkan permasalahan, kebutuhan guru dan siswa. Temuan selanjutnya didiskusikan dengan guru, 2) Tahap pengembangan, dalam tahap ini hasil temuan yang  telah didiskusikan dengan guru maka selanjutnya penyusunan propotype bahan ajar yang kemudian dilakukan beberapa hal, yaitu : (a) Expert juggement ( koreksi oleh tim ahli ), (b) Uji terbatas dan perbaikan ( uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar ), dan (c) Uji luas dan perbaikan draf awal sebagai validasi hingga propotype dinyatakan layak dan siap diekperimenkan pada tahap selanjutnya. 3) Tahap uji keefektifan dengan melakukan eksperimen untuk menguji keefektifan propotype yang disusun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak di SMK Negeri 3 Sukoharjo dan SMK Negeri 6 Sukoharjo. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, dan uji t

            Pernyataan tersebut dibuktikan berdasarkanan analisis menggunakan uji t. Dari hasil uji t 2,2 > 1,96 = t tabel maka ditarik keputusan uji H0 ditolak dan itu artinya dua kelompok memiliki sikap ketahanan budaya lokal yang tidak sama. Uraian tersebut membuktikan bahwa produk media pembelajaran sejarah menggunakan audiovisual yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal.

Keywords

Media Pembelajaran, Tradisi Kirab Kebo 1 Sura, dan Ketahanan Budaya Lokal.

Full Text:

PDF

References

Agung S, Leo dan Wahyuni, Sri. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Ombak.

Alexon. 2010. Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya. Unit FKIP UNIB Press

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Arifin, dkk. Kajian Sejarah Mikro sebagai Muatan Lokal. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: DIVA Perss.

Budiningsih, A.C. 2008. Pembelajaran Moral : Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta : Rineka Cipta.

Bord W.R and Gall M.D. 2003. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc

Budiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Edisi ke-2. Surakarta: UNS Press

Denzin, N & Lincoln, Y. 2011. The Sage Handbook Qualitative Research 1. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Karina

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Edi. 2012. Budaya Indonesia kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hamalik, Oemar. 2011. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Karya

Hamid, Darmadi. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya

¬¬¬¬Joyoatmojo, Soetarno. 2011. Pembelajaran Efektif: Pembelajaran yang Membelajarkan. Surakarta : UNS Press.

Kartodirjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: gramedia Pustaka Utama

Kochhar, S.K. 2008. Teaching Of History: Pembelajaran Sejarah. Jakarta : Grasindo.

Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Latif, Abdul. 2009. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung : PT Refika Aditama.

Ma’arif, Syamsul. 2005. Pendidikan Pluralisme Di Indonesia. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Martono, Nanang. 2012. Kekerasan Simbolik di Sekolah: Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Moh. Ali. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta. Lkis

Nana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Transito

Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan: Stimulus ilmu pendidikan bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Putra, Nusa. 2013. Research & Development ( Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar ). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Richey, Rita C. Klein. (2007). Design and Development Research. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.

Samani, Muchlas. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.