MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS KOMPETENSI CIRI-CIRI NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD BAGI SISWA KELAS IX B SEMESTER I SMP KRISTEN I SURAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPS kompetensi ciri-ciri Negara maju dan berkembang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kristen 1 Surakarta pada kelas IX B Semester I SMP tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah subyek penelitian 22 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan.
Metodologi penelitian ini adalah dengan teknik deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil motivasi dan hasil belajar peserta didik kondisi awal dengan hasil siklus 1 dan siklus 2.
Hasil penelitian sebelum tindakan skor rata-rata motivasi belajar adalah 9,67 atau 43,93%. Pada siklus 1 setelah pembelajaran dengan model STAD tanpa alat peraga meningkat 4,66 atau 21,18% menjadi 14,33 atau 65,13%. Pada kondisi akhir atau siklus 2 pembelajaran menggunakan model STAD dengan alat peraga mengalami peningkatan sebesar 7,67 atau 34,86% menjadi 22 atau 100%. Sedangkan hasil belajar pada kondisi awal rata-rata 67,72 dan setelah menggunakan model pembelajaran STAD tanpa alat peraga mengalami kenaikan sebesar 10,82 menjadi rata-rata 78,54 serta pada kondisi akhir atau siklus 2 setelah menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga mengalami kenaikan sebesar 4,50 menjadi rata-rata 83,04. Ketuntasan belajar pada kondisi awal sebesar 31,82% pada siklus 1 mengalami kenikan sebesar 40,90% menjadi 72,73% dan pada kondisi akhir atau siklus 2 meningkat 27,27% menjadi 100% tuntas belajar.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPS kompetensi Negara maju dan berkembang bagi peserta didik kelas IX B SMP Kristen 1 Surakarta tahun 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrori, Mohamma. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana
Bloom, B.S. dkk. 1956. Taxonomy of Educational Objectives : Handbook I : Cognitive Domain. New York. David Mc Kay.
Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
M. Ngalim Purwanto. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung : P.T Remaja Rosdakarya.
Mahfud Shalahudin. 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja.
Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Pers.
Nasution, S. 1992. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar . Jakarta : Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sadiman, Arief Dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta : PT Grafindo Persada.
Sagala, S. 2010. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Slameto. 1995. Proses Belajar Mengajar dalam Kredit Semester. Jakarta ; Bumi Aksara.
Sri, Sumarsih. 2008. “Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Tems Achievment Division (STAD) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matimatika Kelas VIIIB SMP N 3 Kebakkramat)” (Skripsi). Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sudjana, Nana. 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Suparno, Paul. 2012. Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Jogjakarta : Kanisius.
Supartinah Pakasi. 1991. Anak dan Perkembangannya. Jakarta : Reneka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar . Jakarta : Kencana Prenanda Media Group.
Tri Unggul Suwarsi. 2013. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Aritmatika Sosial Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif NHT Bagi Peserta Didik Kelas VII D Semester 1 SMP N 14 Surakarta Tahun 2013/2014 ( Penelitian PTK ).
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Winkel W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo.
Yurisnawati, Emsa 2012 “Peningkatan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi ciri Negara berkembang dan negara maju dengan menggunakan model STAD di MTsN Banda Aceh II ( PenelitianPTK).
Refbacks
- There are currently no refbacks.