MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ARSIP KETRANSMIGRASIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLANASI SEJARAH SISWA SMAN 1 BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH

Ozi Hendratama, Akhmad Arif Musadad, Leo Agung S.

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan model pembelajaran sejarah yang dipakai saat ini di SMAN 1 Bangunrejo Lampung Tengah, (2) Mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran berbasis arsip ketransmigrasian untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah, (3) Mendeskripsikan efektifitas model pembelajaran sejarah berbasis arsip ketransmigrasian untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah.

            Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dimodifikasi dari konsep Borg dan Gall. Implementasi tahapan disesuaikan kebutuhan peneliti. Implementasi tahapannya meliputi studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran, dan uji efektifitas model. Analisis dan kelayakan model menggunakan skala Likert 1-5. Sedangkan uji efektifitas menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dengan paradigma berpusat pada guru (teacher centered). Kebanyakan siswa tertarik dengan arsip ketransmigrasian. Tingkat kemampuan eksplanasi sejarah siswa masih rendah. Sebagian besar siswa masih belum mengetahui bahwa kemampuan eksplanasi sejarah sangat penting dalam pembelajaran sejarah. Model pembelajaran yang dikembangkan meliputi langkah-langkah persiapan, pelaksanaan, dan penutup.

            Validasi oleh pakar dijadikan pertimbangan untuk menyempurnakan model yang akan dikembangkan pada tahap uji coba. Hasil uji validasi model diperoleh nilai 4,61 (baik), validasi RPP diperoleh nilai 4,09 (baik), validasi soal dengan nilai 4,18 (baik) dan validasi bahan ajar/materi diperoleh nilai 4 (baik). Pada Uji T diperoleh nilai 3,990 dengan signifikansi 0,000 < 0,025, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model yang dikembangkan, sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Dengan demikian model pembelajaran sejarah yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah siswa.

Keywords

Pengembangan Model, Arsip Ketransmigrasian, Kemampuan Eksplanasi Sejarah

Full Text:

PDF

References

Agus Sugiarto dan Teguh Wahyono. 2005. Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta: Gava Media.

Arends, Richard I. 2008. “Learning to Teach (Belajar untuk Belajar)”. Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nugraha Setiawan. 1994. Transmigrasi di Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya. Yogyakarta: Program Studi Kependudukan, Program Pascasarjana UGM.

Pelzer, Karl. J.1982 “Ikhtisar dan Penilaian tentang Usaha Kolonisasi oleh Pemerintah Hindia Belanda” dalam Transmigrasi dari kolonisasi sampai swakarsa. Joan Hardjono (penyunting). Jakarta: PT. Gramedia

Richey, Rita C. Klein. 2007. “Design and Development Research”. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Practik. Bandung: Nusa Media.

Sugiono. 2012. Metode penelitian pendidikan:pendekatan kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sujadi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka cipta

Sukardi. (2003). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Swasono, Sri-Edi. 1986. Sepuluh Windhu Transmigrasi di Indonesia 1905-1985. Jakarta:UI Press.

Waluyo. 2011. Sadar Arsip dan Kesadaran Sejarah. Yogyakarta: Gajah Mada University Archives.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.