PENTINGNYA KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

Zakiatul Anggina

Abstract

Perkembangan era digital yang semakin pesat menjadikan segala sesuatu berupa informasi di internet mudah diakses oleh semua orang, tidak terkecuali oleh anak-anak usia sekolah dasar. Arus era digital yang tidak dapat dibendung tersebut memerlukan suatu tindakan yang tepat agar meminimalisir penyimpangan moral yang banyak terjadi dewasa ini, salah satunya adalah dengan penerapan pendidikan karakter. Metode Penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena dengan mendalam dan dengan mengumpulkan data sedalam-dalamya yang berarti penulis hanya menggunakan buku atau jurnal sebagai landasan referensi. Berdasarkan kajian pustaka dan hasil analisis pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter berperan penting untuk mengatasi degradasi moral pada kalangan anak usia sekolah dasar. Jika penerapan pendidikan karakter di sekolah dasar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga refleksi pembelajaran berjalan dengan baik maka akan menjadi tolak ukur keberhasilan dalam pembentukan moral pada anak usia sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Karakter, Pendidikan, Era Digital.

 

Abstract

The rapid development of the digital era makes everything in the form of information on the internet easily accessible to everyone, including elementary school-age children. The unstoppable flow of the digital era requires appropriate action to minimize moral deviations that occur in many adults. this, one of which is the application of character education. Qualitative research methods aim to explain a phenomenon in depth and by collecting data as deeply as possible, which means the author only uses books or journals as a reference basis. Based on the literature review and the results of the analysis in this study, it can be concluded that the values of character education play an important role in overcoming moral degradation among elementary school-age children. If the application of character education in elementary schools from planning, implementing, to reflecting on learning goes well, it will be a measure of success in moral formation in elementary school-age children.

 

Keywords: Character, Education, Digital Era

Keywords

Character, Education, Digital Era.

Full Text:

PDF

References

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR- RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35-48.

Sahroni, D. (2017). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN, 1(1), 115–124. Retrieved from 404 Not Found | Sekolah Pascasarjana UM

Kusrini, E. and Saleh, M.I., (2009), Luminescence and structural studies of yttrium and Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. doi:10.29210/30032075000

Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015. Jakarta: Permendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.