IDEALTIPE BIROKRASI WEBERIAN DALAM SISTEM PENDIDIKAN: IMPLIKASI TERHADAP EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS MANAJEMEN

Riko Anas, Silfia Hanani

Abstract

Konsep ideal-tipe birokrasi Weberian ini telah menjadi dasar bagi banyak organisasi dan pemerintahan di seluruh dunia. Meskipun tidak selalu mungkin untuk mencapai semua karakteristik ini dalam praktik, ideal-tipe ini memberikan pandangan tentang bagaimana sebuah organisasi yang efisien dan efektif harus beroperasi. Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang Idealtipe Birokrasi Weberian Dalam Sistem Pendidikan: Implikasi Terhadap Efisiensi Dan Efektivitas Manajemen. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan Penelitian ini memakai tata cara penelitian kualitatif dengan memakai pendekatan riset berbentuk studi pustaka. Sumber informasi dalam penelitian ini dikaji dari berbagai sumber novel literatur-literatur, laporan penelitian karangan karangan ilmiah, tesis, disertasi serta postingan baik cetak ataupun elektronik yang berkaitan dengan tentang Idealtipe Birokrasi Weberian Dalam Sistem Pendidikan: Implikasi Terhadap Efisiensi Dan Efektivitas Manajemen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konsep ideal-tipe birokrasi Weberian dalam sistem pendidikan memiliki implikasi yang signifikan terhadap efisiensi dan efektivitas manajemen. Prinsip-prinsip birokrasi Weberian, seperti rasionalitas, aturan yang jelas, hierarki yang tegas, spesialisasi, impersonalitas, dan pemisahan kepemilikan dan manajemen, menciptakan dasar bagi pengambilan keputusan yang lebih rasional, administrasi yang efisien, dan pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik. Dalam konteks pengambilan keputusan, prinsip rasionalitas dan aturan yang jelas memastikan bahwa kebijakan dan keputusan didasarkan pada kriteria objektif dan data yang relevan.

 

Kata Kunci: Efisiensi Dan Efektivitas Manajemen; Idealtipe Birokrasi Weberian; Sistem Pendidikan.

 

Abstract

This concept of the Weberian bureaucratic ideal-type has been the basis for many organisations and governments around the world. While it is not always possible to achieve all of these characteristics in practice, these ideals provide a view of how an efficient and effective organisation should operate. The purpose of this research is to explain the Weberian Bureaucratic Ideals in the Education System: Implications for Management Efficiency and Effectiveness. The method used in this study uses qualitative research procedures using a research approach in the form of a literature study. Sources of information in this study were reviewed from various novel sources of literature, research reports, scientific essays, theses, dissertations and posts both print and electronic related to the Idealtype of Weberian Bureaucracy in the Education System: Implications for Management Efficiency and Effectiveness. The results of this study show that the application of the ideal-type concept of Weberian bureaucracy in the education system has significant implications for management efficiency and effectiveness. The principles of Weberian bureaucracy, such as rationality, clear rules, strict hierarchy, specialisation, impersonality and separation of ownership and management, create the basis for more rational decision-making, efficient administration and better achievement of educational goals. In the context of decision-making, the principles of rationality and clear rules ensure that policies and decisions are based on objective criteria and relevant data.

 

Keywords: Management Efficiency and Effectiveness; Weberian Bureaucratic Ideals; Education System.


Keywords: Management Efficiency and Effectiveness; Weberian Bureaucratic Ideals; Education System.

Keywords

Management Efficiency and Effectiveness; Weberian Bureaucratic Ideals; Education System.

References

Ambarwati, A. (2021). Perilaku dan Teori Organisasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 162–183.

KAMAL ALAMSYAH, K. A. (2019). PERILAKU ORGANISASI DALAM BIROKRASI PEMERINTAHAN Suatu Perspektif Pengembangan Budaya Organisasi. CEPLAS dengan penerbit Pustaka Raja.

Kurniawan, B., & Tamam, B. (2023). Sosiologi Hukum Perspektif Max Webber.

Larasati, S. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Deepublish.

Muhiddin, A. (2017). Evaluasi kebijakan publik (studi kesiapan desa menerima dana desa di kabupaten gowa). Pascasarjana.

Nurbarani, M. (2009). Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Surakarta. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Sagala, H. S., & Sos, S. (2018). Pendekatan & Model Kepemimpinan. Prenada Media.

Said, U. (2019). Inovasi Kebijakan Pendidikan Kejuruan Berbasis Entrepreneur. Zifatama Jawara.

Saleh, A. M. (2016). Komunikasi dalam kepemimpinan organisasi. Universitas Brawijaya Press.

Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi. Deepublish.

Setiawan, I. (2014). Rekonstruksi Birokrasi Pemerintahan Daerah. irfan setiawan.

Solichin, M. (2015). Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi. Religi: Jurnal Studi Islam, 6(2), 148–178.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Syafitri, A., Sesmiarni, Z., & Devi, I. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru Di Smpn 2 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11401–11410.

Titin Rohayatin, S. I. P. (2021). Birokrasi Pemerintahan. Deepublish.

Usman, H. (2021). Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan: Teori Dan Praktik. Bumi Aksara.

Zein, M. H. M., & Septiani, S. (2023). Ilmu Administrasi Negara. Sada Kurnia Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.