SOLIDARITAS DAN INTEGRASI SOSIAL DALAM KONTEKS MANAJEMEN PENDIDIKAN: ANALISIS BERDASARKAN TEORI ÉMILE DURKHEIM
Abstract
Konsep solidaritas dan integrasi sosial memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Keduanya membentuk dasar pembelajaran, pembentukan karakter, dan persiapan siswa untuk berperan aktif dalam masyarakat yang semakin kompleks. Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang Solidaritas Dan Integrasi Sosial Dalam Konteks Manajemen Pendidikan: Analisis Berdasarkan Teori Émile Durkheim. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan Penelitian ini memakai tata cara penelitian kualitatif dengan memakai pendekatan riset berbentuk studi pustaka. Sumber informasi dalam penelitian ini dikaji dari berbagai sumber novel literatur-literatur, laporan penelitian karangan karangan ilmiah, tesis, disertasi serta postingan baik cetak ataupun elektronik yang berkaitan dengan tentang Solidaritas Dan Integrasi Sosial Dalam Konteks Manajemen Pendidikan: Analisis Berdasarkan Teori Émile Durkheim. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman tentang solidaritas dan integrasi sosial dalam konteks teori Durkheimian adalah penting. Konsep-konsep ini membantu memandu pendekatan dan praktik yang mempromosikan keseimbangan antara keseragaman dan keragaman, penghargaan terhadap norma-norma sosial bersama, dan pemahaman terhadap peran unik individu dalam mencapai tujuan bersama. Pendidikan, sebagai alat utama dalam membentuk masyarakat, memainkan peran penting dalam memfasilitasi integrasi sosial dan menciptakan solidaritas. Dalam manajemen pendidikan, pengembangan kurikulum, partisipasi siswa, kolaborasi antara pemangku kepentingan, pendekatan inklusif, dan pemahaman akan peran pendidikan dalam integrasi sosial adalah kunci dalam mencapai tujuan ini.
Kata Kunci: Solidaritas; Integrasi Sosial; Manajemen Pendidikan; Teori Émile Durkheim.
Abstract
The concepts of solidarity and social integration play an important role in creating an effective learning environment. They form the basis of learning, character building and preparing students to play an active role in an increasingly complex society. The purpose of this research is to explain about Solidarity and Social Integration in the Context of Education Management: An Analysis Based on Émile Durkheim's Theory. The method used in this study uses qualitative research procedures using a research approach in the form of a literature study. The sources of information in this study were reviewed from various novel sources of literature, research reports, scientific essays, theses, dissertations and posts both print and electronic related to Solidarity and Social Integration in the Context of Education Management: An Analysis Based on Émile Durkheim's Theory. The results of this study suggest that an understanding of solidarity and social integration in the context of Durkheimian theory is important. These concepts help guide approaches and practices that promote a balance between uniformity and diversity, respect for shared social norms, and understanding of the unique role of individuals in achieving common goals. Education, as a key tool in shaping society, plays an important role in facilitating social integration and creating solidarity. In education management, curriculum development, student participation, collaboration between stakeholders, inclusive approaches, and an understanding of the role of education in social integration are key in achieving this goal.
Keywords: Solidarity; Social Integration; Education Management; Émile Durkheim's Theory
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryanti, R. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Budaya Sebagai Media Informasi Internal Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan Pt. Dirgantara Indonesia (Persero). Universitas Komputer Indonesia.
Bagus, S. (2023). Pengaruh Solidaritas Sosial Terhadap Keberhasilan Program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Studi PATBM Sungai Langka, Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.
Darmiyati Zuchdi, E. D. (2023). Humanisasi pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Bumi Aksara.
David Wijaya, S. E. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Prenada Media.
Devi, I., Sesmiarni, Z., Syafitri, A., Simbolon, A. M. Y., & Iswantir, I. (2023). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Di Mtss Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14422–14433.
Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta.
Ernas, S. (2018). Dari Konflik ke Integrasi Sosial: Pelajaran dari Ambon-Maluku. International Journal of Islamic Thought, 14, 99–111.
Fuadi, A. (2020). Keragaman dalam dinamika sosial budaya kompetensi sosial kultural perekat bangsa. Deepublish.
Hendrawan, M. R. (2019). Manajemen Pengetahuan: Konsep dan Praktik Berpengetahuan pada Organisasi Pembelajar. Universitas Brawijaya Press.
Latif, Y. (2020). Pendidikan yang berkebudayaan. Gramedia Pustaka Utama.
Lauxavandani, D. (2022). Relevansi Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama. UIN KHAS JEMBER.
Maksum, A. (2016). Sosiologi pendidikan. Malang: Madani.
Maliki, Z. (2018). Rekontruksi teori sosial modern. Ugm Press.
Musyawir, M. (2022). Pembelajaran Inovatif untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar (SD) di Namlea Kabupaten Buru (Studi Meta-Sintesis). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 1(2), 15–29.
Noer, K. U. (2021). Pengantar Sosiologi Untuk Mahasiswa Tingkat Dasar. Perwatt.
Rahman, M. T. (2021). Sosiologi Islam. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Salamah, L. (2017). Analisa strengths, weaknesses, opprotunities, and threats (SWOT): peluang dan tantangan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dalam mewujudkan integrasi Asia Tenggara. Masyarakat, Kebud. Dan Polit, 30(3), 300–309.
Santoso, G., Karim, A. A., & Maftuh, B. (2023). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi melalui Kajian Filosofis Pembukaan UUD 1945 Indonesia Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 297–311.
Syafitri, A., Sesmiarni, Z., & Devi, I. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru Di Smpn 2 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11401–11410.
Yunis, A. T. (2023). Latar Belakang Munculnya Serta Tujuan Mempelajaran Sosiologi Pendidikan Islam. JUPSHU: Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Hukum, 1(1), 1–17.
Refbacks
- There are currently no refbacks.