Pengaruh Minat Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi

Agung Hamanto

Abstract

Abstrak

Tujuan dari Penelitian adalah : (1) Pengaruh minat belajar dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi sosiologi, (2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi, (3) Pengaruh konsep diri terhadap prestasi. Penelitian dilakukan dengan metode survai. Sampel 70 siswa dengan model regresi linear ganda. Hasil analisis standar pengujian hipotesis diperoleh sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh minat belajar dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sosiologi. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 dan Fhitung = 49,93. (2) Terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar sosiologi. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 dan thitung = 5,38. (3) Terdapat pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar sosiologi. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikansi 0,03<0,05 dan thitung = 2,15. Implikasi dalam penelitian ini adalah jika minat belajar dan konsep diri tinggi maka prestasi akan lebih baik.

Kata Kunci: Konsep diri, Minat belajar dan Prestasi Sosiologi

 

Abstract

The objectives of the Study :  (1) The Influence of Collective Interest and Self-concept on the Sociological. (2) The Influence of Interest in Learning on the Sociology.(3) The Influence of Self-concept Towards Sociological. The research was contucted using a survey method. The sample used  70  students with multiple linear regression models.  Hypothesis testing are obtained as follows : (1) There is an effect of mutual interest in learning and self-concept on the sociology learning achievement. significance value of 0,00<0,05 and Fcount = 49,93. (2) There is an effect of interest in learning on sociology learning. This is proven by a significance value of 0,00<0,05 and Tcount : 5,38. (3) There is  an effect of self-concept on sociology learning . This is proven by a significance of 0,03<0,05 and Tcount : 2,15. The implication in this research is that if the interest in learning and self-concept is high, the achievement will be better.

Keywords: Interest in learning, Self-concept and Sociological Achievement.

 

 

Keywords

Konsep diri, Minat belajar dan Prestasi Sosiologi

References

Agung I GN. (1992(. Metode Penelitian Sosial (pengertian dan pemakaian praktis) 1.Jakarta : Gramedia.

Ahmadi, R. (1993). Psikologi Sosial.Yogyakarta : Kanisius.

Arikunto, S. (1993). Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1993). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Asroi dan Syarif H. (2016) . Memahami Variabel dan Instrumen Penelitian. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Burns, R. B. (1993) . Konsep Diri Teori Pengukuran perkembangan dan perilaku. Jakarta : Arcan

Catharina T.A. (2004). Psikologi Belajar. Semarang : UPT MKK Unnes.

Danim, S. (1994). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hafizallah, Y. (2017). Pengaruh Konsep Diri Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMKN 5 Pangkalpinang. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Thesis.

Herman, H. (1983). Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud.

Hutabarat. (1988). Cara Belajar. Jakarta : Gunung Mulya.

Nazir, M. (1999). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nasution, N. (1993). Materi pokok psikologi pendidikan. Jakarta : UT Cet 11.

Pasaribu, IL dan Simanjuntak B. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito.

Purwanto, N. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rachmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Rukajat, A. dkk. (1973) Psikologi pendidikan. Jakarta : DEPDIKBUD.

Salim, A. (2006). Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana.

Sarwono, S. W. (2013). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta : Rajawali Pers.

Soetarno. (1993). Psikologi Sosial. Yogyakarta : Kanisius.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhito. (1986). Strategi Belajar Mengajar. Semarang : IKIP Semarang Press.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Kepribadian. Jakarta : Rajawali Pers.

Suryabrata, S. (2002). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Supardi. U.S. (2014). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian, Jakarta : Change Publication.

Supranto, J. (2016). Statistik Aplikasi dan Teori. Jakarta : Erlangga.

Syah, M. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Tatan Z, Hasbulloh, Andri. (2019). Tuntunan Praktis Pengolahan Data Penelitian. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang. (1991). Dasar-dasar Pendidikan. Semarang : IKIP Semarang.

Tim Penulis. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sosiologi SMA dan MA. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Tu’u, Tulus. (2003). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT. Grasindo.

U.U.SISDIKNAS. UU.RI No.20.Th.2003. (2003). Jakarta : Sinar Grafika.

Ujiani, A. E. (2016). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi. Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta. Thesis

Widada, (2014). Undang-Undang dan Peraturan Pendidikan. Klaten : Saka Mitra Kompetensi.

Winkel ,W.S. (1987). Psikologi Pengajar. Jakarta : Gramedia.

Yamin, M. (2005). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.