PENERAPAN TEKNOLOGI DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK MADU KLANCENG PADA KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) LEBAH BROMO DI KHDTK GUNUNG BROMO JAWA TENGAH

catur sugiarto, Tulus Haryono, Retno Tanding Suryandari, Pram Suryanadi

Abstract

Abstrak

Program pengabdian masyarakat ini disusun dalam rangka meningkatkan manajemen bisnis dan pemasaran UMKM madu Klanceng pada Kelompok Tani (KTH) Lebah Bromo, KHDTK Gunung Bromo UNS. Tujuan akhir yang akan dicapai adalah efektivitas dalam pengelolaan bisnis serta peningkatan wawasan pengembangan produktivitas ternak lebah. Mengingat manfaat jenis Madu Klanceng yang sangat tinggi serta permintaan pasar akan produk kesehatan, maka produk Madu Klanceng memiliki potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra berdasarkan hasil observasi antara lain terkait perlunya peningkatan produksi lebah Klanceng dan pengetahuan pemasaran yang perlu ditingkatkan. Melalui program ini diharap terjadi peningkatan pemahaman peningkatan produksi madu dan peningkatan pemahaman pelaku usaha terhadap manajemen bisnis dan strategi pemasaran yang efektif.

Kata Kunci: Madu Klanceng, Ternak Lebah, Pemasaran, Produksi Madu

 

Abstract

This community service program was structured in order to improve business management and marketing of Klanceng honey SMEs at the Bromo Bee Farmers Group, KHDTK Mount Bromo UNS. The final goal to be achieved is effectiveness in managing the business and increasing insight into the development of beekeeping productivity. Considering the very high benefits of this type of Klanceng Honey and the market demand for health products, the Klanceng Honey product has very good potential to be developed. The problems faced by partners based on observations include the need to increase Klanceng bee production and marketing knowledge that needs to be improved. Through this program it is hoped that there will be an increase in understanding of increasing honey production and an increase in the understanding of business actors regarding effective business management and marketing strategies.

Keywords: Klanceng Honey, Bee, Marketing, Honey Production

Keywords

Madu Klanceng; Ternak Lebah; Pemasaran; Produksi Madu

References

Widiyanto, W. (2021). Budidaya Lebah Klanceng sebagai Ekonomi Alternatif Masyarakat Sekitar KHDTK Gunung Bromo UNS. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/prima.v5i1.45231

Evahelda, E., Pratama, F., & Santoso, B. (2018). Sifat Fisik dan Kimia Madu dari Nektar Pohon Karet di Kabupaten Bangka Tengah, Indonesia. Agritech, 37(4), 363. https://doi.org/10.22146/agritech.16424

Fatma, I. I., Haryanti, S., & Suedy, S. W. A. (2017). UJI KUALITAS MADU PADA BEBERAPA WILAYAH BUDIDAYA LEBAH MADU DI KABUPATEN PATI. Jurnal Akademika Biologi, 6(2), Article 2.

Karnan, K., Syukur, A., Khairuddin, K., & Yamin, M. (2021). Pemanfaatan Budidaya Lebah Madu Klanceng (Trigona sp) Terintegrasi dalam Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Sebagai Laboratorium Alami Pembelajaran Biologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.293

Kristina, T., & Sugiarto, C. (2020). The role of trust mediates in the influence of social media marketing and Electronic Word-of-Mouth on purchase intention. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 4(14), Article 14. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2020-4/14-08

Putra, R. G., Salim, A. T. A., Aminudin, A., Romandoni, N., Bisono, R. M., Aditama, C. C., Febriana, D., Rahmawati, C. N., & Sari, S. F. (2021). Terapan IPTEK pada Pengolahan dan Peningkatan Produktifitas Lahan di Masyarakat Pacitan untuk Budidaya Lebah Klanceng. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), Article 4. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/991

Sapri, Wahyuni, S., Rohayu, S., Gunawan, Rohana, & Qodri, M. A. (2022). Pengembangan Usaha Budidaya Lebah Madu Kelulut pada Kelompok Tani Hutan Tunggal Warga Sukajadi. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.35870/ajad.v2i2.110

Sugiarto, C. (2020). Pelatihan Branding Sebagai upaya Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Nugget Lele Desa Mojogedang. SEMAR : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.20961/semar.v8i2.40203

Sumardi, V., Agung, M. M. P., & Hardin, G. B. (2022). BUDIDAYA LEBAH KLANCENG DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT NGERI- MANGGARAI-NTT DI TENGAH PANDEMI COVID 19. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i4.4234

Wardati, N. K., & Er, M. (2019). The Impact of Social Media Usage on the Sales Process in Small and Medium Enterprises (SMEs): A Systematic Literature Review. Procedia Computer Science, 161, 976–983. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.207


Refbacks

  • There are currently no refbacks.