EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENILAIAN DALAM BENTUK PENILAIAN PORTOFOLIO SEBAGAI METODE EVALUASI PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK SDN SUKABUMI 6 KOTA PROBOLINGGO

Wulan dari

Abstract

Penilaian portofolio adalah metode penilaian berkelanjutan yang menggunakan kumpulan data atau dokumentasi yang berbeda dari pekerjaan seseorang yang dikumpulkan selama proses pembelajaran dan disusun serta disatukan dalam sebuah portofolio. Dengan bantuan data dan dokumentasi yang tepat, evaluasi portofolio bertujuan untuk menginformasikan kepada orang tua tentang perkembangan anak mereka secara keseluruhan. Beberapa sarjana pendidikan melihat tes ini sebagai tes alternatif di masa sekarang yang secara signifikan lebih dapat dipercaya dan valid daripada tes tradisional. Tiga domain perkembangan psikologis anak kognitif, emosional, dan psikomotorik diperiksa dalam evaluasi portofolio.

Kata Kunci: Hasil; Penilaian; Portofolio; Pembelajaran; Perkembangan

 

 Abstract

A portfolio assessment is a continuous assessment method that uses different collections of data or documentation of one's work that were collected over the course of the learning process and arranged and bundled together in a portfolio. With the aid of precise data and documentation, the portfolio evaluation aims to inform parents about their children's overall development. Some educational scholars view this test as an alternative test in the present day that is significantly more trustworthy and valid than traditional tests. The three domains of child psychological development cognitive, emotional, and psychomotor are examined in the portfolio evaluation.

Keywords: Assessment; Development; Learning; Portfolio; Result

Keywords

Hasil; Penilaian; Portofolio; Pembelajaran; Perkembangan

References

Janawi. (2012). Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfa Beta

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik. Diakses di harunarcom.blogspot.co.id (diakses pada tanggal 21 Januari 2017)

Suwandi, Sarwiji. (2010). Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Yus, Anita. (2006). Penilaian Portofolio untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Anita Yus. (2006). Penilaian Portofolio Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Rustaman, N. Y. (2010). Penilaian portofolio. FMIPA & PPS Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia: http://etd. eprints. ums. ac. id/2006/3 A, 4200300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.