PENGARUH MOTIVASI, KOMUNIKASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 PANDEGLANG

neng yayu padaniah, Wahid Abdul Kudus, Septi Kuntari

Abstract

Penelitian ini mengangkat data, fakta dan realita. Masalah yang di angkat terfokus pada inkonsistensi motivasi, komunikasi, dan kompetensi serta prestasi belajar siswa kelas x. Tujuannya guna meningkatkan kualitas pembelajaran dapat di lakukan dengan cara memotivasi peserta didik dalam belajar, membangun komunikasi secara interaktif, dan mengembangkan kompetensi sebagai hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun Populasi sebanyak 137 Peserta Didik dengan menggunakan Probability Sampling dan Cluster Random Sampling. Sehingga, di peroleh sampel sebanyak 58 responden. Data yang dikumpulkan menggunakan pendekatan Observasi, Kuesioner dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat di simpulkan bahwa motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sosiologi pada siswa kelas X di SMAN 1 pandeglang. Komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sosiologi pada siswa kelas X di SMAN 1 pandeglang. Kompetensi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sosiologi pada siswa kelas X di SMAN 1 pandeglang. Motivasi, komunikasi, dan kompetensi berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar.

Kata Kunci: Kompetensi, Komunikasi, Motivasi, Prestasi Belajar.

 Abstract

This research raises data, facts and reality. The problems raised focused on the inconsistency of motivation, communication, and competence and learning achievement of class ten students. The goal is to improve the quality of learning can be done by motivating students in learning, building insssteractive communication, and developing competencies as learning outcomes achieved by students. This study used a quantitative approach with a descriptive method. The population is 137 students using Probability Sampling and Cluster Random Sampling. Thus, obtained a sample of 58 respondents. The data collected used the approach of Observation, Questionnaire and Documentation The results of this study can be concluded that motivation had a significant effect on learning achievement in sociology subjects in class ten students at SMAN 1 Pandeglang. Communication had a significant effect on learning achievement in sociology subjects in class ten students at SMAN 1 Pandeglang. Competence has a significant effect on learning achievement in sociology subjects in class ten students at SMAN 1 Pandeglang. Motivation, communication, and competence had a simultaneous effect on learning achievement.

Keywords: Motivation, Communication, Competence, Learning Achievement.

Keywords

Kompetensi, Komunikasi, Motivasi, Prestasi Belajar.

References

Adela, N., Arif, E., & Zetra, A. (2021). Hubungan Kompetensi Komunikasi Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. 7(1), 67–80.

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan. Jakarta: Rosda Karya.

Astuti, I., & Kismini, E. (2021). Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Sosiologi Materi Permasalahan Sosial Dalam Masyarakat Di SMA Negeri 1 Godong. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 10(1),59–66.

Cikka, H. (2020). Strategi Komunikasi Guru Memotivasi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 15(2), 359. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.vol15.iss2.171

Dicky, F. F. (2020). Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kuningan. Jurnal Syntax Idea, 2(2), 12–17.

Eko Putro Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. h. 165.

Eri Barlian (2016). Metodologi PenelitianKualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.

Fourianalistyawati, E. (2015). Komunikasi Yang Relevan Dan Efektif Antara Dokter Dan Pasien. Journal Psikogenesis, 1(1), 82–87. https://doi.org/10.31227/osf.io/q4b3a

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam- pembelajaran-dc0dd462.pdf_

Indra Jaya. (2013). Penerapan Statistik Untuk Pendidik. Bandung: CitaPustaka Media Perintis, h. 147.

Jordan. (2013). Landasan Teori Prestasi Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kartika, L. N., & Sugiarto, A. (2016). Pengaruh Tingkat Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Perkantoran. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 73. https://doi.org/10.24914/jeb.v17i1.240

Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88–97.

Mendari, A. S. (2010). Aplikasi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow Dalam Motivasi Belajar Mahasiswa STIE Musi Palembang. 01, 82–91.

Nopiansah, M. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pai Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Pai (Survey Pada Smk Negeri Karawang). Jurnal AKRAB JUARA, 6, 205–219. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/1723/pdf

Nur, A., A. (2014). Meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 65–72. ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/viewFile/3735/2970

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Ritzer, George. (2012). Teori Sosiologi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta Rosyid, Moh Zaiful, Mustajab, Aminol. 2019. Prestasi Belajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

SUCIA, V. (2017). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(5), 112–126. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2942

Suharni, & Purwanti. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Sunarsih, D., & Sulaiman, &. (2021). Pengaruh komunikasi, motivasi, dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak, (Vol 17 No 1 (2021): Eksos),https://doi.org/10.31573/eksos.v17i1.270

Sutardji. (2016). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta: Dee Publish.

Yaniawati, R. I. (2017). Metode Penelitian kuantitaif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.

Yustisia. (2008). Panduan lengkap (KTSP) kurikulum tingkat satuan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Zen, Zelhendri dan Syafril. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Kependidikan. Depok: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.